Macam-macam Scholarship yang Harus Kamu Ketahui

Kamu ingin melanjutkan studi untuk S1 atau S2 lagi? Terhambat karena biaya kuliah yang tinggi? Sahabatku, jangan pernah khawatir lagi, kamu bisa menggunakan kesempatan beasiswa yang ditawarkan oleh beberapa kementrian, lembaga atau yayasan pendidikan perusahaan, hingga universitas penyelenggara pendidikan.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengikuti short course di Tokyo maka kamu harus mengetahui apakah lembaga penyelanggara memberikan seluruh kebutuhan kamu berada di luar negeri. Kalau saja ternyata hanya diberikan untuk biaya pendidikan saja, maka kamu harus menyediakan dana ekstra atau bahkan kamu harus bekerja di kafe atau sebagai petugas kebersihan bandara. Jadi tentunya sangat penting kamu mengetahui macam-macam scholarship yang akan kamu dapatkan. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari macam-macam scholarship yang bisa kamu dapatkan.

Full-Ride Scholarship

Sahabat juga berkesempatan untuk mendapatkan full-ride scholarship. Full-ride scholarship ini adalah dana beasiswa yang diberikan selama masa studi di sekolah atau universitas meliputi seluruh biaya kebutuhan sekolah seperti biaya pendidikan, tempat tinggal, penelitian, buku kuliah, perlengkapan alat tulis, dan sebagainya. Biasanya full-ride scholarship disediakan oleh pemerintah, kampus, hingga lembaga atau yayasan pendidikan. Persaingan untuk mendapatkannya sangatlah ketat, sehingga kamu harus mampu bersaing untuk mendapatkannya.

Full-Tuition Scholarship

Kamu harus membedakan dengan full-ride scholarship, full-tuition scholarship memiliki perbedaan yang sangat tipis dalam hal pembayaran. Full-tuition scholarship akan lebih fokus kepada biaya pendidikan, fasilitas lab, dan buku saja. Nah, setelah kamu tahu kalau jenis scholarship ini tidak menutup kebutuhan kamu untuk kehidupan selama studi dan biaya penelitian, hingga biaya perjalanan penelititan. Maka kamu perlu mencari lagi, scholarship tambahan untuk memperlancar kuliah kamu.

Partial Scholarship

Partial scholarship biasanya diberikan untuk kamu yang ingin mengikuti short-course. Partial scholarship juga biasanya memiliki regulasi yang cukup ketat. Kamu tidak bisa melakukan tambahan sponsorship untuk menopang kebutuhan kamu selama kuliah.

Jadi gimana, kamu mau ikut program beasiswa yang mana? Semua tergantung dari kamu lho. Beasiswa juga tidak hanya menghemat pengeluaran orang tua kamu, tapi juga bisa menambahkan pengalaman kamu untuk masa yang akan datang. So, selamat berpetualang dan berburu beasiswa sahabatku, ‘Para Pencari Beasiswa’.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This