Sekilas Terlihat Sama, Inilah Bedanya Orang Introvert dan Fobia Sosial

Bagi sebagian orang menganggap bahwa seorang introvert adalah mereka yang fobia terhadap kehidupan sosial. Padahal sebenarnya mereka ini mempunyai sifat yang sangat berbeda.

Inilah perbedaan antara introvert dan fobia sosial biar kamu nggak keliru lagi

1. Introvert itu bawaan lahir kalau fobia sosial terbentuk dari diri sendiri

Introvert disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sementara itu fobia sosial adalah bentukan diri yang dipengaruhi oleh genetika, dan pengalaman adalah pemicunya.

Pengalaman pernah dibully bisa jadi faktor pemicu seseorang untuk menjadi fobia sosial. Sebab banyak dari mereka yang fobia sosial adalah korban bullying.

2. Berinteraksi dengan orang lain harus berujung sempurna bagi seorang fobia sosial

Mereka yang fobia sosial benar-benar takut berinteraksi dengan orang lain. Sementara itu, mereka yang tergolong introvert hanyalah pasif saat berinteraksi dengan orang lain, bukannya takut.

Gejala yang sering dialami mereka yang fobia sosial ialah jantung berdegup kencang, keringat membasahi belakang leher dan punggung, dan menjauhi kontak mata dengan lawan bicara saat berinteraksi dengan orang lain.

Bagi mereka yang fobia sosial, berinteraksi dengan orang lain itu memiliki tuntutan untuk berakhir dengan sempurna. “Tadi aku ngomong salah nggak ya?!”, “ Duh kenapa ya tadi aku ngomong itu?!” Kalimat-kalimat ini ada dalam benak mereka yang fobia sosial. Sedangkan mereka yang introvert nggak pernah memaksa diri mereka untuk tampil sempurna saat berinteraksi dengan orang lain.

3. Mereka yang introvert lebih santai menghadapi orang lain

Bagi mereka yang introvert berinteraksi dengan orang lain terlalu sering itu melelahkan, bukan karena ketakutan. Sementara bagi mereka yang fobia sosial, menghindari interaksi dengan orang lain dikarenakan mereka takut salah ucap dan takut dipandang rendah oleh orang lain. Dalam pikiran mereka yang ada hanyalah sebuah ketakutan. Hingga tak jarang mereka yang fobia sosial mengkritik diri sendiri setelah berinteraksi dengan orang lain.

4. Mereka yang fobia sosial sudah termasuk introvert sementara introvert tidak

Kamu yang introvert bukan berarti fobia sosial. Karena bagimu berinteraksi dengan orang lain masih kamu butuhkan. Meski kamu hobi berdiam diri di kamar, tapi kamu sering rindu berbincang dengan orang lain. Bahkan tak jarang kamu curhat dengan orang asing yang baru kamu kenal. Sementara buatmu yang fobia sosial, diam adalah pilihan satu-satunya.

Penulis : Nisa

Shares
Share This