Ketahui Kesaktian Kulit Jeruk yang Bisa Kamu Manfaatkan

Hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat dari kulit jeruk. Setelah memakannya, pada umumnya orang akan langsung membuang kulitnya begitu saja yang tanpa disadari telah membuang banyak vitamin dari buah tersebut.

Perlu Anda ketahui kulit jeruk kaya akan asam buah dan vitamin C. Kulit jeruk bahkan mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid dari daging buah jeruk.

Berikut beberapa manfaat kulit jeruk :

1. Memutihkan gigi yang menguning sekaligus menyegarkan nafas yang kurang sedap

Kandungan D-Limonene dalam kulit jeruk dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Caranya mudah, cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi yang menguning selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan berangsur-angsur memutih.

Sedangkan untuk menghilangkan bau mulut, kamu cukup mengunyah kulit jeruk layaknya permen karet selama beberapa saat, lalu kamu buang setelahnya.

2. Menurunkan asam lambung dan masalah pencernaan lainnya

D-limonene dalam kulit jeruk juga mampu meredakan asam lambung, menjaga gerakan usus tetap normal, serta meningkatkan fungsi hati.

3. Bubuk kulit jeruk mampu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, dan asma

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan A yang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan, mencegah flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Caranya mudah, keringkan kulit jeruk, masukan beberapa lembar kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas, lalu tutup dan diamkan selama 10 menit. Keluarkan kulit jeruk dari dalam cangkir lalu tambah beberapa sendok madu. Minumlah setiap pagi sebelum beraktivitas.

4. Teh kulit jeruk untuk menurunkan berat badan

Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Caranya, seduh bubuk kulit jeruk kering dalam air hangat yang ditambah madu lalu minumlah 2 cangkir per hari secara rutin. Ramuan ini juga ampuh mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh lho!

5. Wangi kulit jeruk sebagai pengharum ruangan alami

Caranya mudah kok! Potong jeruk menjadi dua, ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu, jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat. Setelah itu tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur pada kulit jeruk tersebut. Celupkan sumbu, biarkan selama 45 menit dan nyalakan api. Ruanganmu bakal wangi dan segar berhari-hari!

Penulis : Nisa

Shares
Share This