Wedding Party. Sumber: Pexels

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang. Semua orang tentu saja ingin menikah. Namun keinginan kita untuk menikah terkadang terhalang oleh hal-hal tertentu.

Ada satu poin utama dalam perencanaa pernikahan yang sering menjadi penghambat dalam menagadakan pernikahan, yaitu biaya pernikahan. Biaya sewa gedung, catering, cetak undangan, sewa gaun dan lainnya memerlukan biaya yang tidak sedikit dan parahnya semakin lama semakin membengkak.

Lalu bagaimana cara mengirit biaya pernikahan? Berikut Tips Mode Iritnya.

Penggunaan Undangan Online

Kamu bisa meminimalkan surat undangan, dengan cara mengundangan para tamu memalui komunikasi daring melalui internet dengan media perantara sosial media.

Kamu bisa menyebarkan undagan lewat Whatsaap, Facebook, atau lainnya. Supaya lebih menarik kamu bisa menambah gambar seperti layaknya surat undangan. Seandainya kamu bersikeras ingin memberi buku undangan, berikan hanya kepada orang yang sekiranya sangat wajib di beri kartu undangan.

Menikah di Hari Kerja

kebanyakan orang menikah di saat weekend, bahkan ketika tanggal di kalender berwarna merah. Tujuannya adalah agar semua orang yang terlibat dan diundang bisa hadir. Biaya pernikahan di hari sabtu atau minggu lebih besar daripada di hari kerja.

Resepsi di Sore Hari

Kebanyakan acara pernikahan dilaksanakan pada siang hari. Di siang hari inilah para tamu undangan sedang dalam masa-masa kelaparan. Kamupun harus menyediakan makanan yang banyak dengan biaya yang besar.

Jika resepsi dilakukan  pada sore hari, kamu bisa menekan biaya. Pada sore hari para tamu pastinya perut para tamu undangan sudah terisi. Sehingga kamu hanya perlu menyediakan cemilan-cemilan ringan saja di acara pernikahan.

Membuat Kesepakatan untuk Seragam

Seragam khusus sangat lumrah dijumpai pada saat acara pernikahan. Seragam khusus biasnya digunakan oleh keluarga besar pengantin. Biaya untuk mebuat seragam tidaklah sedikit.

Bahkan, bukan cuma keluarga, temen-temen pengantin dari SD, SMP, SMA, temen kos, temen curhat, temen dari dunia maya, dan lain sebagainya ingin juga mendapatkan seragam.

Kamu bisa mengoordinir kelompok-kelompok ini untuk bersepakat menggunakan pakaian mereka sendiri yang berwarna sama atau corak yang sama. Misalnya, untuk teman teman SD menggunakan batik berwarna merah, SMP memakai kemeja berwarna biru, atau lainnya.

Andalkan Tali Persahabatan

Kamu bisa menggunakan jasa teman-temanmu yang bisa membantu kita. Contohnya, jika kamu mempunyai salah satu sahabat yang bekerja sebagai musisi, kamu bisa mengajak dia untuk menjadi band pengiring.

Selain kamu akan merasa lebih nyaman karena bekerja dengan orang-orang yang kamu kenal, besar kemungkinan teman-temanmu akan memberikan potongan harga.

 

Sumber: Mojok
Dikutip Oleh: Nurfadhilah SMKN 1 Palasah
Shares
Share This