Penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas Terhadap Remaja

The Light Carrier
  • 2 tahun
  • 1529
  • 0

Cirebon Media – Remaja adalah usia transisi ketika seseorang mulai memasuki masa puber. Dalam masa pubertas yang dialami remaja, banyak perubahan yang terjadi dalam diri remaja baik secara fisik maupun psikologis. Pada masa ini, remaja cenderung memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai suatu hal, seperti kehidupan orang dewasa, hingga seringkali tidak dapat menyikapi dan mengendalikannya dengan bijak. Oleh karena itulah masa ini juga disebut sebagai masa labil.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan remaja. Apalagi saat ini banyak sekali pengaruh luar yang tidak baik masuk ke Indonesia dan menimbulkan perubahan pola hidup remaja yang lebih modern. Sebagai contoh, mulai dari berpakaian mengikuti ala budaya luar yang secara terbuka. Akibatnya para remaja sekarang mudah mengikuti gaya hidup tersebut tanpa melihat dampak positif dan negatifnnya.

Menurut saya, pergaulan bebas saat ini sangat mengkhawatirkan apalagi pelakunya kebanyakan pelajar dan mahasiswa. Bahkan setiap harinya banyak sekali kasus yang terjadi akibat pergaulan bebas contohnya perkelahian, mabuk-mabukan, pemerkosaan, penganiayaan, penyalahgunaan narkoba dan seks bebas.

 

 Penyebab Pergaulan Bebas

  1. Orang Tua

Orang tua juga bisa menjadi faktor terjadinya pergaulan bebas. Tak jarang, konflik antar orang tua sering terjadi dan itu akan berdampak buruk pada psikologis anak. Bahkan tak heran jika anak sering menyendiri dan melamun karena konflik orang tuanya. Kesibukan bekerja juga mejadi faktor kedua, dan akan membuat hubungan yang kaku antara orang tua dan anak.

  1. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar sangat memengaruhi anak untuk melakukan hubungan bebas. Lingkungan yang tidak sehat akan mendukung anak melakukan hal-hal yang negatif.

  1. Kurang Berhati-hati Dalam Memilih Teman

Berhati-hati dalam memilih teman juga menjadi poin yang sangat penting, sehingga tidak asal-asalan dalam berteman. Teman juga bisa memberikan dampak positif dan negatif bagi kita. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam memilih teman agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

  1. Media Massa

Teknologi semakin canggih, membuat informasi mudah didapat. Namun jika informasi tidak diimbangi dengan pengetahuan dan wawasan budi pekerti, maka akan berakibat buruk.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

  1. Kehamilan yang tidak diinginkan
  2. Putus sekolah
  3. Kriminalitas tinggi
  4. Penyakit sosial
  5. Masalah kesehatan secara global

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

Sumber :

http://cintalia.com/kehidupan/remaja/akibat-pergaulan-bebas-di-kalangan-pelajar

https://windasirumapea.wordpress.com/2013/11/03/pergaulan-bebas-di-kalangan-remaja/

http://abiummi.com/penyebab-dan-dampak-negatif-pergaulan-bebas-pada-remaja/

Shares
Share This