Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab Agar Tetap Sehat dan Indah

Cirebon Media – Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga. Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang sehat dan indah, agar penampilan mereka terlihat percaya diri. Semua itu butuh perawatan yang khusus.

Tentu perawatannya agak berbeda dengan rambut yang tidak berhijab, wanita yang berhijab tentunya harus lebih ekstra  menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Karena rambut salah satu yang tertutupi oleh hijab. Tapi, tak jarang banyak wanita yang masih kurang tepat saat merawat rambutnya. Sehingga mereka mengeluhkan banyaknya permasalahan rambut akibat cara yang salah.

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya di outdoor maka rambut akan diterpa sinar matahari sementara rambut tertutup hijab dan membuat lengket. Karena rambut yang ditutupi dengan hijab sering mengalami berbagai permasalahan rambut pada wanita yang mengenakan hijab, seperti ketombe, rambut rontok, gatal dan lainnya.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut berhijab Anda:

  1. Shampo dan Conditioner

Kita harus memastikan jadwal keramas yang teratur. Jangan setiap hari ya! Misalnya dua kali sehari. Pilihlah shampo yang tepat dengan rambut Anda, setelah itu jangan lupa pakai conditioner untuk menguatkan akar rambut.

  1. Memilih Bahan Hijab yang Tepat

Untuk wanita berhijab, sangat penting bagi Anda untuk memilih hijab yang tepat untuk rambut Anda. Pilihlah hijab berbahan katun yang mudah menyerap keringat.

  1. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang untuk menghindari permasalahan rambut yang mudah patah dan bercabang.

  1. Hindari Rambut Basah saat Berhijab

Memakai hijab saat rambut dalam keadaan basah dapat memicu munculnya permasalahan rambut  rontok, lengket, ketombe dan gatal-gatal. Jadi jangan menggunakan hijab saat rambut basah ya.

  1. Istirahatkan Rambut

Bagi wanita berhijab, wajib untuk menjaga rambutnya. Nah, ketika di rumah kalian bisa memanjakan rambut dengan cara membiarkan rambut tanpa ikatan agar rambut bisa bernafas dan sehat.

  1. Menjaga Kebersihan Rambut

Merawat kebersihan rambut sangatlah wajib, melakukan perawatan rambut yang benar akan mencegah masalah-masalah yang menghampiri rambut Anda.

  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Konsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi rambut. Nutrisi penting yang harus dikonsumsi yaitu makanan yang mengandung vitamin B-6, Vitamin B-12, vitamin C, vitamin E, dan juga protein. Kandungan tersebut ada pada sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

Sumber :

www.infobusanamuslim.com/jilbab/9-cara-merawat-rambut-bagi-wanita-berjilbab-agar-lebih-sehat.html

http://www.ummi-online.com/rambut-gatal-karena-pakai-hijab-ini-7-solusi-mengatasinya.html

Menu

Shares
Share This