ENERGI SANGAT PENTING UNTUK TUBUH

Cirebon Media – Aktifitas sehari-hari yang super sibuk, sering membuat tubuh jadi lelah karena kehabisan energi. Jika itu terjadi, dalam jangka panjang akan berdampak buruk. Pekerjaan bisa terbengkalai atau tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal.

Energi sangat penting bagi tubuh, untuk itu kita harus mengkonsumsi makanan penambah energi untuk tubuh. Makanan yang bergizi tidak harus mahal, asalkan dapat memenuhi kebutuhan. Untuk menjaga kestabilan energi tubuh, makanan haruslah mengandung karbohidrat yang tinggi. Kandungan itu banyak terdapat pada nasi dan roti. Itulah alasan mengapa kita makan nasi setiap hari, agar kita punya energi yang cukup. Selain karbohidrat, kandungan lain seperti vitamin, protein, mineral dan zat besi juga penting. Lalu, jenis makanan apa saja yang dapat memberikan energi lebih bagi tubuh? Berikut ini ada beberapa jenis makanan penambah energi yang dinilai dapat meningkatkan stamina.

BAYAM, Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung magnesium tinggi, mineral yang dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan bahwa mengkonsumsi bayam dapat menjaga kesehatan kardiovaskular serta kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu memberikan energi yang dibutukan tubuh.

SUSU  Susu adalah minuman yang menyehatkan. Kandungan vitamin B2, B12 dan antioksidan yang dimilikinya merupakan nutrisi baik yang dapat meredakan stres. Selain itu susu juga banyak mengandung kalori yang dapat memberikan energi cukup bagi tubuh.

KOPI     Mungkin selama ini hanya hal negatif yang diketahui dari minum kopi. Tetapi kopi juga punya manfaat positif bagi tubuh. Kandungan kafeinnya mampu meningkatkan energi dan kopi punya komponen tertentu yang dapat membantu meningkatkan ketajaman serta meningkatkan kecerdasan otak.

AIR PUTIH Air putih adalah jenis minuman yang menduduki deretan teratas sebagai minuman pembangkit energi. Sekitar 60% yang terdapat pada tubuh manusia adalah air. Ketika kita bekerja terlalu keras maka tubuh akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Untuk mengatasi hal tersebut perlu minum air putih agar energi bisa pulih kembali. Minum air putih yang baik yaitu minimal 8 gelas perharinya.

TIPS : Jangan memaksa diri melakukan aktifitas yang berat jika energi habis. Beri asupan

makanan penambah energi seperti yang telah disebutkan di atas agar dapat kembali

pulih dan dapat melakukan aktifitas seperti sedia kala.

KARANGAN OLEH : ARIF AGUSTIAN

Shares
Share This