Ikan dikenal dengan kelezatannya, selain kelezatannya, ikan juga dikenal sebagai sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Untuk menambah kenikmatan ikan, banyak cara untuk mengolahnya mulai dari menggoreng, bakar, acar, hingga di pepes.

Namun kelezatan ikan juga diukur dari tingkat kesegaran ikan. Semakin ikannya segar, semakin lezat pula rasanya. Tak hanya itu, nutrisi pada ikan yang segar akan sangat baik untuk tubuh. Bila kita ingin mengolah ikan sendiri, harus pintar memilih mana ikan yang segar dan mana ikan yang tidak segar.  Untuk itu, sangat penting memilih ikan yang segar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membeli ikan di pasar.

      1. Periksa Kondisi Fisik Ikan

banyak pembeli kadang tidak memegang ikan karena mereka takut karna bau anyirnya. Jika tidak ingin memegangny, haruslah kita jeli melihat kondisi fisik ikannya. Jika ikannya masih bergerak-gerak sudah dipastikan ikan itu sangatlah segar karena baru dipotong. Jika ikannya tidak bergerak-gerak, kita juga dapat memastikannya dengan cara melihat kulitnya. Jika ikan itu bersisik, sisiknya itu tidak akan lepas dan juga keras, sudah dipastikan ikannya masih segar. Sedangkan jika ikannya tidak bersisik. Pastikan kulitnya tidak terkelupas, selain itu pastikan juga kondisi fisik ikan jika terlihat kaku, kemungkinan ikan itu masih segar.

      2. Lihat Bagian Mata Ikan

Selain memastikan kondisi fisik ikan, kita juga perlu untuk memastikan kondisi matanya. Biasanya ikan yang segar memiliki mata yang bening dan bila matanya ditekan terasa keras. Biasanya ikan yang sudah tidak segar memiliki mata yang lembek bewarna pucat pasi. Selain itu, jika matanya terlepas sudah dipastikan ikannya sudah tidak segar lagi.

      3. Perhatikan Isi Perut Ikan

Selain memeriksa kedua kondisi diatas, dapat dipastikan juga dengan melihat isi perut ikan. jika memiliki warna pucat atau berwarna hitam. Itu artinya ikan sudah tidak segar lagi. Ikan yang segar memiliki isi perutnya berwarna kemerahan terlihat sangat segar. Bagian tubuh ikan yang mudah membusuk jika telah melewati 24jam adalah bagian perut. Sehingga penjual tidak bisa lagi berbohong. Oleh karena itu, saya sarankan jika membeli ikan, jangan ragu untuk menyentuhnya untuk memastikan kesegaran ikan tersebut.

memastikan ikan segar atau tidaknya dapat dilihat dari insangnya yang berwarna merah. Sumber: rebanas

    4. Perhatikan Insangnya

sama halnya dengan isi perut ikan, insang ikan juga ditandai dengan warna kemerahan dan segar. Ikan yang sudah tak segar memiliki insang berwarna merah pucat atau bisa dibilang warnanya pink. Selain itu, insangnyapun berlendir. Jadi periksalah dengan baik, karna kesegaran menentukan kualitas dan nutrisi

      5. Tekan Daging

Ketika membeli ikan, sesekali tekan-tekanlah bagian permukaan daging ikan sebelum membelinya. daging ikan masih segar akan terasa elastis dan kenyal. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar lagi akan terasa lembek. Lalu ketika dipotong, ikannya akan berwarna kemerahan dan berdarah segar yang belum tersentuh oleh esbatu.

Anda jangan tertipu dengan kondisi daging yang keras pada ikan, dan jangan sampai ikan tersebut sudah lama di freezeer. Dan cobalah angkat ikan itu, jika saat diangkat ikan itu terasa kaku, artinya ikan itu masih dalam kondisi segar. Tapi jika diangkat ikan itu emas dan berlendir itu artinya ikan sudah tidak segar lagi.

Nah, kita sebagai pembeli sekaligus konsumsi, jangan sampai tertipu ya. Karena kesegaran ikan merupakan tingkat kelezatan dan tingkat nutrisinya. semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber: shopback.co.id
Oleh: S. Jamilah SMKN 1 Palasah
Shares
Share This