Tips Jaga Kesehatan Mata Saat Terlalu Lama Bermain Gadget

Di zaman dengan perkembangan teknologi pesat seperti sekarang, tidak dapat dipungkiri lagi kalau gadget telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Kondisi ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Gangguan dari seringnya menatap layar gadget dan komputer di antaranya seperti Computer Vision Syndrome (CVS), astenopia (mata lelah) dan dry eye (mata kering).

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kamu saat terlalu lama bermain gadget.

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Tips Jaga Kesehatan Mata
Tips Jaga Kesehatan Mata foto : liputan6.com

1. Ketika melakukan pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk menatap layar untuk jangka waktu yang lama, kamu harus beristirahat setiap 30 menit dan diselingi dengan aktivitas melihat jarak jauh.

Jangan terlalu fokus pada layar komputer, sesekali lihatlah atau sudut ruangan atau melihat keluar jendela. Ini untuk mengalihkan perhatian agar tidak terlalu fokus pada layar komputer.

2. Jangan melakukan pekerjaan jarak dekat terus menerus. Ini karena ketika kamu bekerja pekerjaan jarak dekat, mata anda akan berakomodasi dan jika ini terus berlanjut dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah.

3. Menatap layar secara tidak sadar akan membuat refleks berkedip kita berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kering.

Oleh karena itu cobalah mengedipkan mata secara teratur selama anda menatap layar monitor untuk menghindari mata kering dan iritasi.

4. Saat waktu istirahat, cobalah untuk melihat objek yang jauh. Salah satunya adalah melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot bahu dan leher agar mencegah sindrom penglihatan komputer (CVS).

5. Perhatikan juga jarak saat menggunakan gadget. Jarak ideal adalah 30 hingga 40 cm, dan pastikan posisi gadget tidak sejajar dengan posisi mata.

6. Idealnya, penggunaan laptop/komputer dan gadget harus dibatasi selama dua jam saja setiap hari.

7. Pencahayaan untuk komputer tidak boleh terlalu cerah karena dapat membuat mata mudah merasa lelah.

8. Selain itu, pencahayaan pada ruangan juga harus diperhatikan agar tidak kontras dengan pencahayaan komputer.

Hindari ruangan yang redup karena dapat menyebabkan kontras berlebihan. Nah, kondisi ini akan membuat mata tidak nyaman.

9. Cobalah tonton dengan jarak ideal yaitu sekitar empat hingga lima kali diagonal TV.

10. Selain menonton TV, menatap layar komputer, gadget, perhatikan jarak ideal saat kamu membaca buku. Hindari kebiasaan membaca buku sambil rebahan atau di tempat yang minim cahaya.

11. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung Vitamin A seperti wortel. memakan makanan yang sehat dan kaya nutrisi pasti akan membuat mata anda menjadi lebih sehat.

12. Lakukanlah senam mata dan pijatan di sekitar mata. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi mata lelah. Dengan pijatan mata yang baik, tentu akan membuat sirkulasi darah lebih lancar di daerah tersebut.

Sumber : Brilio.net
Penulis : Ryan