Inilah Manfaat yang Kamu Rasakan Saat Berpuasa Medsos

Pernahkah kamu merasa lelah dengan dunia maya? Ataukah merasa bosankah kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan hanya terfokus pada media sosial? Itu tandanya kamu harus puasa dari medsos.

Puasa dari medsos itu artinya berhenti sejenak dari semua aktivitas yang melibatkan media sosial.

Hal ini bisa kamu lakukan sekedar sehari, tiga hari, satu minggu, bahkan satu bulan. Memang, kamu bakal ketinggalan berita terbaru, terupdate, lalu apa kerugian yang akan terjadi?Duniamu tidak akan berhenti hanya karena medsos.

Inilah 4 manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu berpuasa medsos :

puasa medsos
berpuasa medsos foto: nypost.com

1. Lebih fokus pada dirimu sendiri

Jika biasanya kamu sibuk dengan ponsel dan melakukan swafoto atau mengambil foto apa pun untuk diunggah ke akun sosmedmu, dengan melakukan puasa medsos, kamu akan mulai melihat dunia ini dari sudut pandangmu sendiri. Bukan hanya sekedar pencitraan di medsos.

Kamu akan lebih fokus pada kegiatanmu yang mungkin selama ini tertunda karena menghabiskan waktu dengan media sosial. Seperti membersihkan rumah, kamar atau sekedar merapikan isi lemari bisa jadi kegiatan yang sangat bermanfaat selama kamu berpuasa sosmed.

2. Mendekatkan diri dengan orang disekitarmu

Pasti kamu sering lagi ngumpul sama teman tapi semuanya main HP sendiri-sendiri kan? Nongkrong di cafe yang ada wifinya lalu sibuk dengan sosial media masing-masing?

Kesempatan untuk bertukar cerita dan menanyakan kabar menjadi tidak berarti karena terlalu fokus pada sosial media. Atau kalaupun mengobrol, yang dibicarakan adalah hal-hal yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kita.

Jika kamu penat dengan semua ini, mulailah puasa medsos dan kalau perlu mintalah teman-temanmu atau keluargamu juga melakukannya. Membicarakan sesuatu yang nyata itu lebih menarik lho. Disamping itu, kedekatan dengan orang-orang terdekat terasa menjadi lebih nyata dibanding hanya sekedar foto di sosial media.

3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Di medsos, orang-orang berlomba-lomba untuk menunjukkan diri mereka lebih baik dibanding orang lain.Banyak orang yang pamer foto makanan, foto liburan, dll.

Secara disadari atau tidak, ketika melihat postingan orang lain tentang kehidupan mereka yang luar biasa, kita menjadi iri dan membandingkan diri kita dengan orang tersebut.

Dengan berpuasa medsos, kamu akan lebih mensyukuri segala yang kamu punya dan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

4. Memperbaiki cara berkomunikasi

Di media sosial, seringkali kita tidak memikirkan sopan-santun berbahasa. Justru banyak orang yang menyalahgunakan fungsi media sosial dan melakukan komunikasi tanpa aturan dan terkesan tidak sopan.

Nah, dengan berpuasa medsos dan mulai berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang yang kalian temui, kamu jadi bisa menerapkan kembali semua aturan sopan santun dalam berbahasa dan menghidupkan kembali budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan dalam tata krama.

Penulis : Nisa