Lakukanlah Hal Ini Agar Pikiran dan Ingatanmu Terasah

Pikiran itu layaknya pisau yang kalau nggak diasah bakalan tumpul. Pikiran dan ingatan yang tajam sangat diperlukan untuk beraktivitas dan memecahkan berbagai persoalan hidup.

Pikiran dan ingatan sangat berpengaruh pada ide, kreativitas, dan intelegensi.

Lalu bagaimana cara mengasahnya?

baaca buku
mengasah otak dengan membaca buku foto : cheatsheet.com

1. Menggali informasi dan ilmu dengan memperbanyak membaca

Studi menunjukkan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan.

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kata yang kamu dapatkan. Ini membantu kamu berbicara dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga sangat membantu dalam profesi apa pun.

Mereka yang membaca dengan baik, akan berbicara dengan baik, dan memiliki pengetahuan luas tentang berbagai topik. Mereka ini cenderung mendapat promosi lebih cepat dari pada orang yang memiliki sedikit kosakata.

2. Belajar keahlian baru seperti bermusik, melukis, dan menulis

Kamu bisa mencoba beragam keahlian misalnya dalam bidang seni, seperti melukis, menulis, main musik , dll. Tidak menutup kemungkinan juga untuk bidang-bidang lain, seperti olahraga, komputer, dan game.

Dengan mencoba belajar hal baru, pikiranmu akan terbuka dan semakin memahami arti keberagaman. Kamu pun bisa memperluas koneksi dan informasimu agar gak melulu tentang itu-itu saja. Selain itu, bisa jadi kamu akan menemukan hobi barumu dari sini.

3. Makan makanan bergizi, olahraga, dan tidur yang cukup

Menyegarkan tubuh juga ternyata sangat penting agar membuat pikiran juga menjadi jernih dan siap. Menyegarkan tubuh dan pikiran bisa kamu lakukan dengan mengeluarkan zat-zat kotor dan berbahaya dari dalam tubuh Anda dengan beberapa bahan makanan yang bergizi tinggi.

Latihan fisik meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Saat otak menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi, otak akan cenderung bekerja dengan baik. Tak hanya itu, area otak yang mengatur ingatan akan aktif kembali saat kamu rutin melakukan olahraga.

Selain itu, tidur yang cukup juga diperlukan agar pikiranmu segar saat bangun esok hari dan siap melakukan aktivitas yang memerlukan kerja otak.

4. Berikan waku untuk mengevaluasi diri

Dalam sehari saja, banyak aktivitas dan informasi yang kamu dapatkan. Meski begitu, tidak semuanya bisa dicerna dan diingat begitu saja. Berikan waktumu beberapa menit menjelang tidur untuk merenung dan mengevaluasi diri. Hal itu untuk menjaga agar pikiranmu terasah dengan cukup, bukan justru tereksploitasi sehingga menimbulkan stres dan depresi.

Penulis : Nisa

Shares
Share This