Cara Motret Multiple Exposure

Cirebonmedia.com- Teknik multiple exposure adalah teknik menggabungkan secara overlay melalui kamera atau bantuan software post-processing. Namun kali ini kita akan membahas bagaimana membuat multiple exposure menggunakan fitur yang ada pada kamera dslr maupun mirroless.

Tidak semua kamera dslr atau mirrorless bisa digunakan untuk memotret multiple exposure. Beberapa kamera yang bisa digunakan untuk multiple exposure adalah Olympus Pen Epl-3, Canon EOS 5D Mark III, 6D dan 70D, kamera Nikon terbaru, Fujifilm X-Pro1 dan kamera lainnya yang terdapat fitur multiple exposure dan kamera itu biasanya harus support RAW.

Lalu agaimana sebenarnya membuat foto dengan multiple exposure ini?

Pertama

Ternyata tidak semua kamera digital mempunyai fasilitas atau feature multiple exposure. Kalaupun tidak memiliki namun ingin mencobanya, berarti memerlukan olah digital melalui Photoshop. Yakni dengan menggabungkan beberapa layer/lapis yang ditumpuk menjadi satu frame.

Kedua

Kondisi cahaya menjamin suksesnya multiple exposure. Background foto harus lebih gelap dari subjek. Hal ini untuk menjaga speed dan diafragma terjaga saat merekam beberapa adegan. Cahaya yang jatuh di subjek juga perlu konstan, tidak berubah-ubah. Kebutuhan ini untuk menjaga auto fokus tidak lari dan lightmeter terjaga.

Ketiga

Tentukan berapa frame yang akan ditumpuk dalam satu frame. Biasanya kamera menyediakan fasilitas 2 hingga 10 frame. Banyak sedikitnya adegan yang terekam tergantung kreatifitas fotografer. Sejajarkan komposisi foto pertama dengan texture yang akan kalian foto. Texture, foto ke-2, akan muncul di warna gelap pada foto pertama. Jadi background terang dibelakang obyek siluet akan menjadi hilang. Intinya, warna putih pada foto siluet pertama akan menghilangkan texture. Warna gelap/hitam lah yang menjadi fill place texture kalian.

Keempat

Karena tujuan multiple exposure membuat suatu adegan lebih hidup dan dramatis, tetap perhatikan bahasa tubuh dan ekpresi subjek yang hendak dijepret. Jangan sampai keduanya tertutup oleh banyaknya layer yang ditumpuk.

Multiple Exposure
Multiple Exposure

Kelima

Foto double exposure merupakan cara asyik untuk meningkatkan kreatifitas kita dengan memungkinkan kita untuk membuat foto yang menonjolkan bentuk dinamis atau geometri yang kompleks. Memiliki peralatan yang sesuai akan membantu memudahkan kita mengaplikasikan teknik ini, tapi jika tidak punya pun hasil yang serupa tetap bisa dicapai dengan cara atau alternatif lain.

Jadi yang terpenting adalah memiliki gambaran kreatif di kepala kita dan kemudian mengomunikasikannya melalui karya foto dengan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Latih kemampuan multiple secara terus menerus dan berulang. Latihan ini diperlukan karena multiple memerlukan teknik dan cita rasa yang cukup tinggi.