Mengatasi Anak yang Suka Menangis

Cirebonmedia.com- Anak merupakan sosok yang paling didambakan oleh pasangan suami istri, karena kehadiran seorang anak membuat kebahagiaan suatu keluarga menjadi lengkap.  Saat seorang anak terlahir dan tumbuh besar pasti tak lepas dari yang namanya rewel dan menangis. Kalau sudah begini para orang tua khususnya seorang ibu pasti bingung bagaimana cara menenangkan anak yang menangis.

Ketika anak menangis sebagian besar disebabkan oleh suasana yang membuatnya tidak nyaman, dan ketika ketidak nyamanan terjadi, bisa dipastikan anak pasti akan melakukan protes dengan cara menangis yang sering membuat orang tua mereka menjadi bingung. Memang menenangkan anak yang menangis tak mudah, namun jika memahami karakter dari si anak Anda akan mampu membuatnya berhenti menangis dengan membuatnya merasa nyaman.

Untuk itu berikut adalah cara mengatasi anak yang suka menangis:

Jauhi pemicu anaki menangis

Tentu Anda sudah paham penyebab si kecil menangis saat berada di tempat asing. Nah, untuk menghindari si kecil menangis, Anda dapat menjauhi penyebab mengapa si kecil menangis. Jika memang si kecil tidak suka dengan keramaian maka hindari mengajaknya ke tempat yang ramai.

Alihkan

Jika si kecil menangis dan berteriak karena menginginkan seseuatu. Anda, dapat memberikan pilihan kepadanya. Jika memang hal yang diinginkan dirasa tidak perlu Anda dapat berkata tegas dan mengatakan tidak pada keinginan anak.

Anak suka menangis
Anak suka menangis

Tidak perlu kesal

Tidak peduli sehisteris apa si kecil saat menangis, Anda tidak perlu merasa kesal. Bahkan sampai membentaknya. Tetaplah bersikap tenang. Anak-anak sulit memahami apa yang Anda katakan, maka dengan bersikap kesal justru akan membuatnya semakin emosi dan akan semakin menangis dan berteriak.

Berikan dia ruang

Saat anak mulai menangis dan berteriak, berikan ruang untuknya. Jangan panik atau membentaknya, hal ini akan membuatnya semakin berteriak dan merasa tidak nyaman. Biarkan dia menangis. Ajak anak menjauh dari keramaian dan biarkan dia menenangkan diri.

Cobalah untuk berkompromi

Si kecil yang mengamuk tanpa sebab memang membuat tidak nyaman. Tapi cobalah untuk berkompromi dengan keadaan. Berkompromi akan membuat dia merasa lebih tenang dan lebih terkendali. Bersikeras dengan keinginan Anda justru akan memperburuk keadaan.

Sumber: vemale