Cirebonmedia.com- Meningkatkan kinerja otak memang sangat penting untuk kita semua, Untuk tetap sehat, otak juga perlu latihan seperti halnya otot-otot pada tubuh. Meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan latihan mental tidak hanya akan membantu memperkuat pemikiran anda, tetapi juga meningkatkan daya ingat dan bahkan menenangkan pikiran anda.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kinerja otak kalian :

Amati Keadaan Sekitar Anda

Jika anda hanya melihat dan percaya begitu saja pada apa yang dilihat mata anda, artinya anda telah melewatkan banyak hal selama ini. Melihat tidaklah sama dengan mengamati, cobalah anda lebih memperhatikan lagi dengan teliti dan menganalisis apa yang anda lihat. Anda pasti akan menemukan hal yang hilang, anda lupakan, atau yang anda lewatkan. Cobalah serap apa yang ada di sekitar anda dan jangan berhenti membayangkan.

Belajar Hal Baru

Jika anda membuka pikiran dan tidak pernah berhenti belajar, otak anda akan terbiasa untuk ingin tahu lebih banyak dan tidak pernah menghentikan proses itu. Jadi, gunakan setiap hal untuk belajar hal baru. Belajar itu nggak harus dari membaca, tetapi dari mana saja termasuk dari orang-orang yang memiliki pengetahuan yang lebih luas di sekitar anda. Salah satu manfaat belajar yang bakal mengejutkan anda adalah ketika anda belajar bahasa baru.

Mendengarkan Dunia

Ketika anda mendengarkan suara di sekitar, artinya anda menyerap bagian dari dunia. Coba ketika anda sedang berjalan, simpan smartphone anda. Cobalah perhatikan tingkah laku mereka dan dengarkan apa yang orang lain bicarakan, bukan untuk bermaksud kepo, tapi untuk mempelajari bagaimana cara mereka berpikir.

Mungkin anda bisa lakukan trik ini pada seseorang yang anda suka dan belum kenal banget. Dengan menyerap informasi yang ada anda pasti bakal bisa nyambung ketika ngobrol dengannya nanti.

Lakukan Eksperimen

Zona nyaman adalah dimana seseorang akan merasa dirinya aman akan segala hal, dan pasti setiap orang pasti pernah terjebak di zona aman. Betul? Nah, jika anda belum melangkah keluar dari zona aman dan memulai untuk bereksperimen dengan hal-hal baru, anda mungkin bakal kehilangan sesuatu yang dapat mengubah hidup anda. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, bahkan yang sebelumnya tidak anda ketahui sama sekali. Temukan keberanian untuk dapat ke luar dari zona kenyamanan anda dan ambil langkah maju.

Latihan dan Olahraga Otak

Tubuh dan pikiran adalah satu kesatuan. Jika salah satunya sakit atau tidak dalam kondisi terbaik, yang lain juga akan menerima akibatnya. Maka dari itulah, sebaiknya luangkan waktu 20 menit setiap hari untuk melakukan latihan otak yang berbeda, misalnya bermain game yang mengasah otak.

Renungkan

Merenungkan sesuatu berguna untuk merelaksasi semua hal yang membuat anda cemas. Dengan ini anda dapat meningkatkan konsentrasi dan dapat menyeimbangkan emosional. Kemudian cobalah untuk berpikir di luar kebiasaan, dan selalu mencari banyak kemungkinan jawaban daripada yang paling logis. Jangan pernah berhenti mengeksplorasi ide-ide yang kemungkinan menghasilkan solusi.

Berbicara

Belajarlah dari orang-orang di sekitar anda dan berbagi informasi yang tersimpan dalam otak anda selama bertahun-tahun dengan orang yang mempunyai minat sama. Berani bicara dan ekspresikan ide-ide anda untuk mengembangkan pemikiran baru.

60 Total Views 1 Views Today