Cirebonmedia.com – Siapa yang tidak tahu produk Microsoft satu ini, ya Windows 10. Produk yang diluncurkan 29 Mei 2015 ini mempunyai fitur yang lebih optimal dibandingkan versi sebelumnya seperti Cortana Virtual asisten yang membantu dalam menjalankan sistem operasi, tampilan yang lebih simple dan atraktif dan masih banyak lagi.

Kemudian ditahun 2017 ini Microsoft meluncurkan projeck baru Projek Neon yang telah lama dikabarkan akan dirilis ditahun – tahun ini. Projek ini akan memberikan tampilan baru di Windows 10 dengan konsep UI Refresh. Seperti yang dikabarkan projek akan memberikan sensasi baru dalam menggunakan Windows 10, namun jika anda mengharapkan perubahan tampilan yang dramatis mungkin anda akan kecewe karena projek ini hanya sebatas perubahan bahasa design dalam bahasa pemrograma Microsft namun projek ini tidak begitu tidak keren, simak video dari Microsoft berikut ini:

Intinya adalah bahwa Fluent menambahkan berbagai properti UI yang memanifestasikan dirinya secara berbeda tergantung pada interaksi platform dan pengguna:

  • Light: Mengontrol bagaimana UI berinteraksi dengan iluminasi – sangat berguna untuk realitas campuran, namun Anda juga akan melihat beberapa elemen mulai bersinar saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya.

  • Depth: Menambahkan informasi mendalam ke UI untuk hal-hal seperti efek paralaks dan beberapa pizzazz tambahan dalam pengalaman campuran dan virtual. Sebuah aplikasi mungkin tampak relatif datar dalam gambar diam, namun informasi mendalam berarti pengalaman yang lebih cantik untuk animasi

  • Motion: Pada dasarnya membuat dan merekontruksi ulang animasi di seluruh OS dan aplikasi, dan bahkan untuk elemen individu dalam satu aplikasi.
  • Material: Mengontrol tekstur elemen UI (misalnya, kaca buram untuk beberapa aplikasi), dan juga hal-hal seperti bagaimana elemen dapat “membengkokkan, meregangkan, atau memantul” saat Anda berinteraksi dengannya.

  • Scale: Bagaimana skala aplikasi digunakan pada perangkat yang berbeda.

Saat ini, Fluent masih dalam tahap yang relatif dini. Microsoft mengatakan bahwa pihaknya ingin berbincang – bincang dengan para pengembang untuk melihat apa yang terbaik untuk membuat aplikasi yang dapat beralih ke beraneka ragam faktor seperti ponsel, tablet, desktop, dan realitas campuran, dan interaksi seperti sentuhan, tinta, suara, tatapan atau isyarat.

So? Anda tidak akan melihat perubahan UI ini segera, tapi akan muncul dalam potongan – potongan saat Projek Fluent selesai dibuat versi pertamanya. Dengan harapan sistem Windows dan aplikasi Microsoft menjadi lebih cantik dan enak dilihat, dengan transparansi buram / blur, animasi halus. Aplikasi pihak ketiga pun akan mengikuti perubahan tampilan ini jika Microsoft telah mengeluarkan Sumber Daya Fluent bagi pengembang aplikasi.

 

Sumber: The Next Web – Windows 10 gets a UI refresh with the ‘Fluent Design System’ (AKA Project Neon)

23 Total Views 3 Views Today