Cirebonmedia.com- Kedatangan Bulan Suci Ramadhan merupakan sesuatu yang sangat di tunggu oleh sebagian besar Umat Islam Dunia, dengan datang nya bulan ramadhan Umat muslim  yang beriman diwajibkan untuk berpuasa,  dengan menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, banyak amalan, kedahsyatan dan manfaat yang akan di peroleh, baik dalam kehidupan di dunia maupun akhirat kelak.

Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan begitu luar biasa. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa yang hanya datang setahun sekali yaitu di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Selain menjadi momen yang ditunggu-tunggu, puasa pada bulan Ramadhan juga mendatangkan banyak hikmah dan bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam ilmu medis Puasa sering dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa/racun dari dalam tubuh, Apalagi jika dilakukan selama satu bulan penuh, tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Ada penyakit yang bisa disembuhkan dengan berpuasa, dengan menjalankan ibadah ini penyakit pun bisa disembuhkan, sungguh suatu ibadah yang sangat istimewa.

Berikut adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan berpuasa:

Kolesterol Tinggi

Dalam berbagai penelitian, manfaat puasa antara lain dapat mengurangi resiko stroke. Puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah. Kadar kolesterol yang tinggi pada darah dalam jangka waktu yang lama akan menyumbat pembulu darah dalam bentuk aterosterosis yaitu pengapuran atau pengerasan pembuluh darah. Bila hal itu terjadi di otak, maka akan berakibat stroke. Dan apabila terjadi di jantung dapat mengakibatkan serangan jantung. Hasil penelitian memperlihatkan, jika setiap hari kita berpuasa, akan dapat meningkatkan kolesterol HDL yang sehat 25 poin. Dan dapat menrunkan lemak sebesar 20 poin. Lemak trigiserit merupakan bahan pembuat kolesterol LDL yang merusak kesehatan.

Maag

Maag terjadi karena meningkatnya kadar asam lambung di dalam perut. Orang yang terkena penyakit ini biasanya merasakan mual, perih di ulu hati dan lain sebagainya yang tidak mengenakkan. Dan salah satu cara yang bisa menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengatur pola makannya sehari-hari. Dan salah satu cara yang tepat untuk mengatur pola makan yang tidak sengaja dilakukan adalah dengan berpuasa. Oleh karena itulah moment Ramadhan ini bisa dijadikan obat bagi siapa saja yang mengidap penyakit Maag ini.

Diabetes

Pada dasarnya tidak semua jenis penyakit Diabetes dianjurkan untuk berpuasa. Oleh sebabnya penderita sebelumnya harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa. Meskipun pada dasarnya dengan mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang penyakit ini bisa disembuhkan. Dan salah satu cara mengaturnya adalah dengan berpuasa. Dan puasa pun bisa jadi obat yang mujarab bagi penderita diabetes atau kencing manis ini.

Obesitas

Obesitas atau kegemukan pastinya membuat penampilan seseorang menjadi tidak indah dan menrik lagi. Tapi,tak hanya soal bentuk tubuh, kegemukan juga erat kaitannya dengan kondisi kesehatan. Pasalnya obesitas bisa membuat orang menjadi mudah untuk terkena berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itulah, obesitas pun kini dikategorikan sebagai salah satu jenis penyakit yang berbahaya Dan salah satu cara untuk menyembuhkan obesitas adalah kembali dengan mengatur pola dan menu yang dimakan. Mulailah pada moment Ramadhan tahun ini untuk anda bisa membuat gizi makanan anda menjadi berimbang dan lambat laun, kebiasaan di bulan Ramadhan ini pun akan membuat anda terbiasa untuk mempraktekkannya di bulan sesudah Ramadhan. Dengan pola makan yang benar dan gizi yang seimbang maka dipastikan akan membuat berat badan anda kembali ideal.