Cirebon Media – Hari-hari yang terasa jenuh membuat kita ingin merilekskan tubuh dan bersantai, salah satunya adalah dengan meminum kopi. Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang berasal dari ekstraksi biji tanaman kopi yang diproses melalui pengolahan. Minuman yang banyak digemari baik itu perempuan ataupun laki-laki ini biasanya dijadikan pendamping saat bekerja, karena kita ketahui kopi dapat menghilangkan rasa kantuk.

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat kopi selain untuk minuman, padahal kopi juga memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti kecantikan wajah, kecantikan kulit, kecantikan rambut dan sebagainya. Semua wanita pasti menginginkan kecantikan wajah dan tubuhnya, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya.

Berbagai produk kecantikan memang sudah banyak beredar, namun kita terkadang mengkhawatirkan akan keamanannya. Maka dari itu tidak ada salahnya bukan untuk mencoba beberapa cara alami untuk mendapatakan kulit yang cantik dengan memanfaatkan kopi seperti di bawah ini:

  1. Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak akan tampak kusam, dan membuat muka kita seperti gorengan. Jelas, hal tersebut akan mengurangi kepercayaan diri kita. Nah kopi bisa mengatasi masalah ini. Buatlah masker kopi dengan cara: Gunakan ampas kopi murni atau kopi yang tidak tercampur gula, susu atau bahan lainnya, beri sedikit air lalu aduk sampai menjadi pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan sabun wajah dan air hingga bersih.

  1. Menyegarkan Kulit Wajah

Buatlah segelas kopi murni, lalu masukkan ke dalam cetakan es batu, kemudian bekukan ke dalam freezer hingga membeku. Setelah kopi membeku potonglah es kopi tersebut, setelah itu usapkanlah ke bagian wajah seperti memakai lotion. Cuci wajah menggunakan air bersih. Wajah akan terasa lebih segar.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat sangat mengganggu? Tenang, masalah jerawat di wajah bisa diatasi dengan menggunakan ampas kopi sebagai scrub wajah. Dengan menggunakan ampas kopi akan membuat jerawat lebih cepat kering dan terhindar dari masalah peradangan jerawat.

  1. Membuat Rambut Hitam Alami

Aktivitas di luar membuat rambut kita menjadi seperti terbakar hingga berwarna kemerahan. Untuk mengembalikan rambut hitam, caranya adalah: Campurkan 2 kuning telur, 1 sendok rum dan 2 sendok air hangat, kemudian tambahkan dengan 1 sendok kopi bubuk dan minyak sayur, lalu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan masker tersebut ke bagian rambut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit, bilas dengan air hangat. Pakai secara rutin ya..

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, larutan kopi yang dijadikan lotion  dapat membuat kulit lebih cerah. Caranya cukup dengn mencuci kulit wajah terlebih dahulu dengan kapas yang telah dibasahi dengan larutan kopi yang telah diseduh.

Selamat mencoba…

Penulis: Helda Damayanti

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

Sumber: https://www.cantikinfo.net/khasiat-manfaat-kopi/

https://hariangadis.com/manfaat-kopi-untuk-wajah/