Profesor Yasu Suzuka Fotografer Jepang Mengadakan Pameran di Japan Foundation Jakarta

Cirebon Media – Siapa yang tidak suka fotografi?  Kebanyakan orang menjadikan fotografi  sebagai hobi bahkan profesi. Fotografi adalah proses penghasilan gambar dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya yang biasa kita sebut kamera.

Seorang fotografer akan selalu memotret ketika menemukan objek yang menarik, kemudian hasil karyanya akan dipamerkan di pameran-pameran fotografi. Siapa yang tidak bangga jika hasil gambarnya bisa dipamerkan di pameran besar dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satunya Japan Foundation, Jakarta yang berperan sebagai mediator program pertukaran antara organisasi di Jepang dan I ndonesia. Misalnya saja penyelenggaraan fotografi yang dilakukan oleh Profesor Yasu Suzuka seorang fotografer dari Jepang yang mempersembahkan pameran fotografi bertajuk ‘Sacred Places in Japan’. Pameran ini telah diselenggarakan sejak Sabtu (26/8) lalu dan akan berlangsung hingga 7 September mendatang. Eksibisi berlangsung di Hall The Japan Foundation, Jakarta, Summitmas 1, lantai 2.

Dalam pameran tersebut Profesor Yasu Suzuka memajang 12 karya fotografi terbaik hasil ciptaannya dan karyanya dicetak di atas kertas washi (kertas khas Jepang) dengan ukuran 100 x 150 cm.

Profesor Yasu Suzuka Lahir di Prefektur Kanagawa, 1947. Beliau merupakan fotografer lulusan Tama Art University kemudian melanjutkan studi program beasiswa di Institut Seni San Fransisco dengan jurusan fotografi. Sebelumnya Yasu Suzuka juga pernah memamerkan karyanya di Jakarta. Di pameran ‘Abad Fotografi’ yang berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, tahun lalu dia memajang karya fotografi berjudul ‘Tapestri tangan biksu Budha’. Fotografer terkenal di Jepang ini telah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Excellent Award, Kyoto Contemporary Photographers Exhibition (1993), Grand Prize, Kyoto Art Exhibition ( 1994) dll.

 

Penulis : Helda Euis

 

Sumber:
https://hot.detik.com/art/d-3617754/fotografer-jepang-pameran-fotografi-di-jakarta