Cirebon- Dunia medis acap kali dihadapkan dengan berbagai macam penyakit dari yang ringan seperti flu hingga yang berat dan dapat mengancam kehidupan sang penderita. Kanker muncul sebagai momok yang menakutkan bagi setiap manusia dan hadir sebagai penantang abadi bagi dunia medis untuk menemukan formula atau cara agar dapat menyembuhkan dan membasmi sel kanker yang hingga saat ini belum juga ditemukan obat yang tepat untuk membasminya.

Kanker merupakan salah  satu penyakit yang  terjadi akibat pertumbuhan sel-sel jaringan pada tubuh yang tidak normal, berkembang cepat, dan tidak terkendali sebagai mana semestinya. Dalam kondisi semacam ini, sel-sel kanker kemudian akan terus membelah diri melebihi batas normal, kemudian akan menyerang jaringan biologis yang berada di daerah tempat bertumbuhnya sel kanker tersebut, dan akan berpindah ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau system limfatik yang hal ini bisa juga dikenal dengan Metastasis.

Hiperplasia, displasia, dan neoplasia adalah kondisi yang dapat membuat perubahan-perubahan pada sel normal berubah menjadi sel kanker. Hiperplasia merupakan keadaan dimana  sel normal dalam jaringan tumbuh serta berkembang dalam jumlah yang berlebihan dan tak dapat dikontrol lagi. Displasia merupakan kondisi saat sel berkembang secara tidak normal dan biasa terlihat perubahan pada nukleusnya. Pada masa semacam ini ukuran nukleus bervariasi, kinerja mitosis yang meningkat, dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan. Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah berproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif.

Para ilmuwan telah menemukan bukti dan sejarah pun mencatat bahwa kanker sudah ada sejak 3200 tahun yang lalu, dan terdeteksi pada seseorang yang tinggal di mesir dan sel-sel kanker terdapat pada beberapa bagian kerangka tulang dari orang tersebut  yang diperkirakan berumur 25-35 tahun. Bukti tersebut menepis pernyataan yang kerap kali dikeluarkan oleh masyarakat bahwa kanker adalah penyakit yang modern.

Kanker sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yang umum menyerang manusia dan ada beberapa juga yang didiagnosis menjadi kanker ganas yang sulit untuk disembuhkan. Dan berikut adalah jenis-jenis kanker yang kerap menginfeksi manusia:

  • Kanker leher rahim (kanker serviks)
  • Kanker payudara
  • Penyakit Trofoblas ganas
  • Kanker kulit
  • Kanker nasofaring
  • Kanker paru
  • Kanker hati
  • Kanker kelenjar getah bening (Limfoma Malignum)
  • Kanker usus besar
  • Kanker darah (Leukemia).

Betapa bahayanya penyakit ini dan hingga pada saat ini pun belum ditemukan obat yang ampuh untuk membasmi penyakit ini. Marilah kita sadar akan kesehatan pada tubuh kita, rutin melakukan medical check up, berolah raga secara teratur, dan memilih makanan yang sehat. Dalam Hal makanan, di era modern seperti saat ini, banyak sekali makanan-makanan yang dijual namun minim dengan kualitas dan segi kesehatan untuk tubuh. Seperti banyaknya yang menggunakan bahan makanan yang mengandung bahan kimia yang tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu panjang bagi tub8uh manusia. Marilah lebih cermat dalam memilih makanan yang sehat, memulai pola hidup yang lebih menyehatkan dan melakukan penjegahan dini pada bagian tubuh dengan melakukan pendeteksian secara dini. Karena sejatinya, lebih baik mencegah daripada mengobati, kalimat yang sering kita dengar ini memang mengajarkan kita untuk lebih waspada pada penyakit, untuk menghindari terjangkitnya virus-virus yang mematikan.

Photo by PixaBay.com