Cirebonmedia.com– Pedas merupakan suatu rasa yang terkandung pada cabai. Rasa pedas pun cukup digemari banyak kalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari kegemaran masyarkat yang memilih rasa pedas dari sambal sebagai pelengkap menu makanan mereka.

Hasil studi baru-baru ini menemukan bahwa jika seseorang mengonsumsi makanan yang berbahan dasar cabai atau sumber makanan pedas lainnya dapat menurunkan risiko kematian dini.

Seperti dilansir Sebagaimana dilansir Daily Mail studi ini dilakukan pada 487.000 orang China yang berusia antara usia 30 sampai 79 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan makanan pedas setiap dua atau tiga hari memiliki risiko kematian dini lebih rendah dibanding mereka yang tidak makan sama sekali.

Hal tersebut juga diperkuat dengan studi yang dilakukan oleh Dr. Lu Qi, profesor kedokteran di Harvard Medical School, Boston. “Jika Anda makan lebih banyak makanan pedas, ini akan lebih baik bagi kesehatan Anda dan menurunkan risiko kematian, terutama yang berkaitan dengan kanker dan penyakit jantung.

Namun, penulis studi mengingatkan bahwa investigasi mereka tidak memungkinkan untuk menarik garis langsung sebab akibat antara konsumsi makanan pedas dan menurunnya risiko kematian. Mereka hanya bisa menemukan hubungan antara faktor-faktor ini. Qi dan rekan-rekannya telah menerbitkan temuan mereka di The BMJ pada 4 Agustus lalu.

Antara 2004-2008, penulis studi memimpin melakukan survei terkait makanan dan sejarah kesehatan sekitar 199.000 pria dan 288.000 wanita dari 10 wilayah berbeda di China. Para partisipan berusia antara 30-79 tahun.

Mereka yang memiliki riwayat kanker, penyakit jantung atau stroke dikeluarkan dari penelitian. Dalam waktu tujuh tahun, lebih dari 20.000 peserta meninggal dunia.

Mengonsumsi makanan pedas setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki kaitan dengan penurunan 10 persen seluruh risiko kematian selama penelitian, dibandingan dengan mengonsumsinya kurang dari sekali seminggu. Bahkan, makan makanan pedas antara tiga hingga tujuh dari dalam seminggu terlihat dapat menurunkan kematian sebanyak 14 persen, menurut laporan peneliti.

Cabai segar yang paling umum dipilih sebagai sumber makanan pedas, secara spesifik dikaitkan dengan risiko lebih rendah terhadap kematian yang disebabkan oleh kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Temuan ini berlaku bagi semua jenis kelamin dan bahkan pada perbedaan usia, pendidikan, pola menetap, dan status pernikahan. Namun, efek perlindungan dari rempah-rempah pedas ditemukan berpengaruh lebih besar pada mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Qi menjelaskan, dari penelitian sebelumnya yang dilakukan pada hewan, komponen yang terkandung di dalam rempah-rempah dapat meningkatkan kadar Kolesterol, menjaga bakteri sehat dalam usus, mengendalikan peradangan, dan mengurangi stres.

Sebuah studi yang cukup bermanfaat bagi pengetahuan manusia akan dunia kesehatan. Ternyata rasa pedas yang banyak terkandung dalam cabai memiliki banyak manfaat bagi manusia. Ini merupakan berita gembira bagi Anda yang menggemari rasa pedas sebagai pilihan menu makanan Anda.

 

 

Sumber: Kompas

Image By: Google.com