Cirebonmedia.com– Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman berwarna hitam pekat yang memiliki rasa pahit ini merupakan minuman yang tak hanya banyak digemari namun juga salah satu jenis minuman yang membuat gigi cepat kuning, karena kandungan zat yang ada pada minuman ini.

Gigi sendiri merupakan bagian dari tubuh yang mampu meningkatkan rasa percaya diri, karena saat seseorang tersenyum dengan gigi yang putih, ia akan terlihat lebih percaya diri dari pada tersenyum dengan gigi yang berubah menjadi kuning. Dan senyum menawan dengan gigi yang putih adalah sesuatu yang diidam-idamkan bagi pria maupun wanita.

Bagi pecinta kopi, memiliki gigi yang putih merupakan hal yang sulit karena kandungan zat yang ada dalam kopi mampu merubah warna pada gigi menjadi kuning. Akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara.

Menurut drg. Citra Kusumasari, SpKG, Perubahan warna gigi salah satunya disebabkan oleh faktor luar, seperti makanan dan minuman, kebiasaan merokok, dan konsumsi obat tertentu. Bagi pecinta kopi, ada 2 metode untuk membuat gigi tetap terlihat putih yaitu dengan in-office bleaching dan home bleaching. In-office bleaching dilakukan oleh dokter gigi di klinik gigi atau rumah sakit, prosedur ini umumnya dilakukan menggunakan bahan kimia tertentu dengan konsentrasi tinggi.

Sedangkan home bleaching dilakukan sendiri oleh pasien di rumah. Prosedur ini menggunakan sendok cetak pribadi yang kemudian diaplikasikan bahan kimia tertentu dengan konsentrasi yang rendah. Prosedur home bleaching tetap dilakukan dengan instruksi dan dibawah pengawasan dokter gigi.

Pewarnaan gigi yang dialami berasal dari faktor luar yaitu minuman kopi. Sebelum dilakukan pemutihan gigi, sebaiknya engurangi frekuensi minum kopi per-harinya. Sebab ketahanan warna gigi setelah dilakukan pemutihan gigi akan berkurang jika tetap memiliki kebiasaan minum kopi, apalagi terlalu sering.

Pada dasarnya pemutihan gigi eksterna atau vital akan lebih efektif menggunakan metode in-office bleaching dibandingkan home bleaching. In-office bleaching dapat mencerahkan warna gigi beberapa derajat lebih cerah daripada warna gigi sebelumnya dibandingkan home bleaching.

In-office bleaching memerlukan prosedur selama 1-2 jam, sedangkan home bleaching memerlukan waktu minimal 2 minggu. Bago kopi lovers, dengan cara-cara tersebut Anda tidak perlu lagi takut gigi menguning akibat mengonsumsi kopi karena metode-metode ini dapat menjadi solusi bagi Anda untuk tetap memiliki gigi putih dan senyum yang menawan.

 

 

Sumber: drg. Citra Kusumasari, SpKG

Image By: Google.com