Cirebonmedia.com– Tumbuhan merupkan bagian dari makhluk hidup yang memiliki peran penting dalam memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainya. Dengan kata lain, tumbuhan juga bisa disebut sebagai penyeimbang dalam tatanan kehidupan di bumi. Dan salah satu tumbuhan yang dapat memberikan banyak manfaat yaitu Teh.

Teh adalah sejenis minuman yang di hasilkan dari pengolahan daun tanaman teh (Camellia sinensis). Minuman yang satu ini mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dengan air panas. Teh juga memiliki beberapa jenis antara lain Teh hijau, Teh oolong, Teh hitam dan Teh putih

Tanaman yang aslinya berasal dari tiongkok ini memiliki beberapa manfaat, selain dapat dijadikan sebagai minuman yang berfungsi untuk kesehatan tubuh, tumbuhan ini juga dapat bermanfaat bagi kecantikan wanita.

Berikut adalah manfaat Teh bagi kecantikan :

 

Menghaluskan Kulit

Bagi Anda yang mengidamkan kulit bercahaya, segar, dan kenyal, gunakan lulur atau scrub teh untuk memenuhi keinginan Anda. Antioksidan dari teh mengangkat sel kulit mati dan memperlancar peredaran darah sehingga membuat kulit tidak kusam dan cerah. Untuk hasil yang maksimal, perawatan ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar satu jam.

Menurunkan Berat Badan

Terkait berat badan, sebuah studi pada tahun 2011 di Journal Obesity menemukan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat pada teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak di berikan senyawa tersebut.

Mengobati Jerawat

Tumbuhan yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena bertindak sebagai astringen. Caranya, cukup dengan mencuci muka dengan air teh tanpa perlu dibilas lagi dengan air biasa.

Menghitamkan dan Menyuburkan Rambut

Embunkan secangkir air teh kental semalaman. Keesokan harinya, gunakan air teh untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan sehari sekali hingga terlihat hasilnya. Basuh rambut dengan teh hitam untuk menambah hitam dan kilau pada rambut.

Facial Scrub

Campurkan satu sendok teh cornmeal dengan teh chamomile. Gunakan sebagai scrub dan gosokkan dengan lembut ke permukaan wajah. Biarkan kering, lalu bilas. Jangan gunakan pada kulit sensitif

 

Sumber: Orb

Image By: Google.com