Cirebonmedia.com Buah dan sayur merupakan makanan pokok setiap hari agar tubuh tetap sehat dan kuat , akan tetapi dibalik manfaatnya terdapat residu bahan kimia berbahaya yang tidak bisa dihindari. Menurut Bapak Deden.,SP.,MP selaku dosen Pertanian disalah satu Universitas Terkemuka Di Kota Cirebon Residu merupakan bahan kimia yang masih tersisa pada bahan pangan, pestisida yang terdapat dalam sayuran dan buah yang dikonsumsi. Tanpa sadar masuk ke dalam tubuh melalui hidangan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Semakin tinggi residu tentunya akan makin berbahaya.

Mengenal Pestisida, Saat ini kebutuhan akan buah dan sayuran semakin meningkat, kondisi tersebut mendorong petani melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi. Salah satunya adalah penggunaan pestisida untuk mengurangi faktor penghambat produksi pertanian agar hasil produksi berlimpah. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membasmi hama tanaman, baik berupa jamur, bakteri, gulma, maupun serangga. Sesuai dengan keperluannya, pestisida dibagi dalam tiga jenis, yakni fungisida untuk membunuh jamur, bakterisida untuk membunuh bakteri, dan insektisida untuk membasmi serangga.

Meski pengunaan pestisida terbukti efektif  meningkatkan produksi pertanian, bukan berarti penggunaannya tidak menimbulkan dampak buruk, baik dari sudut pandang kesehatan maupun ekonomi.

Image By: Google.com

Menurut Bapak Ismail Saleh.,SP.,Msi selaku Dosen Serta Sekertaris Prodi Pertanian Di Universitas Swadaya Gunung Jati Penggunaan pestisida dalam budidaya pertanian memang dilematis, karena di satu sisi penggunaannya bermanfaat untuk meningkatkan hasil tanam, namun di sisi yang lain dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika penggunaannya berlebihan. Selain itu, penggunaan pestisida secara berlebihan juga mengurangi daya jual produk pertanian karena kandungan residu pestisida menjadi salah satu pertimbangan diterima atau ditolaknya produk pertanian oleh negara importir.

Pestisida merupakan senyawa kimia yang tidak mudah terurai. Jika terkonsumsi, residu pestisida tidak mudah dikeluarkan dan akan mengendap di dalam tubuh. Dalam jumlah yang kecil, tubuh masih dapat menetralisir residu pestisida. Namun jika asupannya sering dan dalam jangka waktu lama maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Menurut Pa Toto salah satu Petani sayuran Di Cirebon, Petani tidak bisa lepas dengan yang nama nya pestisida, karena tanpa Penggunaan pestisida Kita para petani tidak akan bisa mendapatkan hasil panen yang optimal.

Diharapkan Masyarakat lebih selektif dan bijak dalam mengkonsumsi buah dan sayur, cucilah terlebih dahulu buah dan sayur  yang hendak di konsumsi sampai benar-benar bersih. Ibu sunengsih salah seorang ibu rumah Tangga mengaku lebih menyukai buah dan sayuran organik meskipun harga lebih mahal tetapi kesehatan keluarga lebih terjamin.

65 Total Views 1 Views Today