Cirebonmedia.com- Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Kopi tanpa gula

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan, kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diseduh untuk diminum. Kopi tanpa gula

Namun kebanyakan orang meminum kopi dengan dicampur gula atau susu. Padahal sebenarnya gula dapat merusak rasa dan kandungan kopi itu sendiri. Dengan meminum kopi tanpa gula kita akan mendapatkan sebuah rasa khas kopi, selain itu ada juga filosofi kopi tanpa gula itu bagaikan realitas kehidupan pribadi, “kita harus telan walaupun itu pahit”. Kopi tanpa gula

Tapi kebiasaan orang Indonesia dalam meminum kopi ini cenderung menyukai yang memiliki banyak rasa seperti di campur susu kental manis, gula aren, gula biasa, dicampur krim, dan sebagainya. Hal ini membuat orang tidak mengetahui rasa asli dari sebuah kopi yang benar benar murni. Hal ini dibenarkan oleh Topan salah seorang pecinta kopi di Cirebon “Menikmati sebuah kopi yang benar adalah dengan tidak menggunakan gula, karena gula tersebut dapat merusak rasa asli kopi” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa masyarakat Cirebon sudah terbiasa dengan kopi kemasan yang ada di warung, sehingga tidak mengetahuinya kenikmatan kopi murni khas daerah seperti kopi aceh gayo, kopi toraja, kopi bali kintamani dan lain lain. Namun ia juga tidak menyalahkan masyarakat dengan meminum kopi kemasan, karena semuanya kembali kepada selera masing masing.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan.

Mengurangi Potensi Diabetes

Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

Mengurangi Resiko Kanker

Minuman kopi yang mengandung kafein ternyata juga bisa melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang bisa diminimalkan resikonya adalah kanker hati dan kanker payudara. Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.

IMG_20160205_201445Kopi Membuat Anda tetap Aktif
Manfaat kopi pahit tanpa gula bisa membuat tubuh tetap aktif tanpa merasa mengantuk. Hal ini disebabkan karena kopi bisa meningkatkan kinerja otak yang dipengaruhi dari kandungan kafein. Kafein akan memicu sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah.

Kopi Meningkatkan Produktifitas

Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

300 Total Views 3 Views Today