Cirebonmedia.com– Tahukah Anda ciplukan? ciplukan merupakan salah satu tumbuhan liar yang bentuknya berupa semak atau perdu yang posisisnya lebih rendah. Tingginya biasanya hanya mencapai 1 meter dan umur tanaman ini kurang lebihnya 1 tahun. Tumbuhan ini biasanya hidup dengan subur di daerah dataran rendah. Kandungan dari buah ciplukan ini adalah senyawa kimia berupa sitrun dan juga fisain. Selain itu juga buah ciplukan ini mengandung kandungan asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, dan vitamin C serta gula.

Kandungan kimia yang ada di dalam buah ciplukan merupakan kandungan alami yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti: Kandungan Chlorogenik acid, C27H440-H20, Asam sitrun ,Fisalin, Asam malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C, Gula, Kandungan kimia yang ada di dalam bijinya mengandung Claidic Acid.

Sifat dan manfaat serta khasiat dari buah ciplukan ini adalah sebagai analgesik, untuk meluruhkan air seni, membantu menetralkan racun, meredakan batuk, membantu mengaktifkan fungsi dari kelenjar tubuh. Rasa yang muncul dari buah ciplukan ini adalah rasa pahit dan sifat yang sejuk. Dan bagian tanaman yang mempunyai manfaat untuk kesehatan adalah akar, daun dan juga buahnya.

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh seperti sebagai obat batuk, untuk menetralkan racun, dan memiliki efek analgetik, dan bisa mengaktifkan kembali fungsi dari kelenjar tubuh. Untuk pengobatan luar, manfaat buah ciplukan ini bisa digunakan untuk mengobati borok, mengatasi masalah bisul, dan juga sakit kulit yang membetuk gelembung.

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengatasi masalah penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes mellitus salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Dan buah yang memiliki ukuran kecil ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit diabetes.

Sedangkan untuk mengobati penyakit rematik, tanaman ciplukan ini bisa digunakan semua bagian tanamannya untuk mengatasi masalah penyait rematik ini. Cara penggunaannya adalah dengan merebus buah ciplukan kering 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas air hingga yang tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian setelah itu dinginkan dan satringlah. Minumlah untuk 3 kali setengah gelas dalam seharinya.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari buah ini untuk menyembuhkan penyakit, diantaranya:

ciplukan 500X500

Image By: Google.com

Manfaat buah ciplukan untuk hipertensi

Manfaat dari buah ini untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuatnya adalah dengan 5 gram ciplukan kemudian direbus dengan 110 ml air dan direbus kurang lebih selama 10-15 menit sambil diaduk. Dan setelah di rebus sampai mendidih, kemudian saringlah dan setelah itu diamkan agar dingin. Ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari. Jangan menyimpan terlalu lama air rebusan ini karena hal ini malah akan membuat senyawa menjadi rusak.

Manfaat buah ciplukan untuk sakit paru-paru

Cara memanfaatkan tanaman ini salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah sakit paru-paru. Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus tanaman baik akarnya, batang, daun, bunga dan buahnya. Rebus dengan menggunakan 3-5 gelas air. Dan saringlah jika sudah mendidih. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari.

280 Total Views 1 Views Today