Khasiat yang Terkandung Dalam Tanaman Kolesom

Cirebonmedia.com- Di zaman yang penuh dengan teknologi membuat masyarakat semakin di manjakan dalam segala aktivitas akibatnya daya kesehatan rata-rata manusia menurun sangat drastis , berbagai macam penyakit pun muncul, seperti beberapa Rumah sakit di wilayah Cirebon  pun Penuh.

Beberapa alternatif obat herbal dan pengobatan pun berkembang salah satunya penggunaan tumbuhan sebagai obat, ada banyak tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, seperti tanaman kolesom yang dapat menurunkan kadar kolestrol tubuh. Kolesom (Talinum triangulare) merupakan salah satu tumbuhan gulma yang berkhasiat obat. Tanaman ini diklasifikasikan ke dalam divisi Spermatophyta.

Image By: Google.com
Image By: Google.com

Tanaman herba menahun bukan genus panax seperti ginseng yang digunakan untuk obat-obatan. Daun ginseng ini adalah tanaman perdu yang tumbuhnya semi menjalar dan bisa mencapai tinggi 60 cm. Daunya oval berwarna hijau mengkilat. Berbunga majemuk dengan kelopak berwarna pink. Tanaman sangat mudah dikembang biakan, baik dengan biji maupun setek batang. Asal medianya gembur, cukup humus dan tidak tergenang air, tanaman ini bisa tumbuh subur. Kolesom jawa juga cantik di tanam dalam pot sebagai tanaman hias karena bentuk daun dan bunganya menarik.

Semua bagian tanaman ini bisa di makan, mulai dari akar hingga daunnya. Biasanya akarnya tanaman ini bisa mengembung jika dibiaknan melalui biji. Banyak yang menfaatkan umbi tanaman ini untuk dikeringkan sebagai ramuan obat. Daun nya biasa dijual sebagai sayuran. Daun kolesom/ginseng sangat cocok ditumis, dibuat cah (dimasak dengan sedikit air) atau sebagai campuran sayur bening/sup. Rasanya lezat dengan tekstur lembut dan sedikit berlendir. Mengolah sayuran ini harus menggunakan api besar dan cepat karena waranya akan berubah menjadi kehitaman jika terlalu lama di masak.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 511/Kpts/PD.310/9/2006 merupakan salah satu tanaman binaan Direktorat Jenderal Perkebunan. Bagian tanaman yang dapat dikonsumsi adalah daun dan umbi.  Daun kolesom memiliki potensi sebagai sayuran berkhasiat obat karena mengandung antioksidan yang tinggi.  Daun kolesom mengandung bahan aktif flavonoid, steroid, dan alkaloid. Salah satu flavonoid yang terdeteksi adalah antosianinmenunjukkan bahwa akar kolesom mengandung senyawa-senyawa golongan alkaloid dan saponin yang cukup kuat, diikuti oleh glikosida, tanin dan steroid dalam jumlah sedikit. Tanaman yang diremas dapat ditempelkan pada tempat yang sakit sebagai anti inflamasi atau anti tumor.

Shares
Share This