Cirebonmedia.com Indonesia dikenal akan kekayaan alam yang melimpah lebih dari 80 % Jenis tanaman di dunia berada di Indonesia, daya tarik rempah ini lah yang menarik minat bangsa Eropa menjajah Indonesia dahulu, salah satunya adalah  lada yang memiliki khasiat dan nilai ekonomi yang tinggi. Lada atau juga disebut merica ( Piper nigrum L ) memiliki banyak khasiat terpendam. Merica paling banyak dikenal sebagai bumbu dan paling sering digunakan sebagai bumbu masakan , Namun juga tak jarang ramuan herbal yang ditambah dengan rempah yang satu ini. Tak salah, karena merica juga banyak khasiat obat.

Merica merupakan rempah yang sangat penting dalam berbagai macam penggunaan kuliner diseluruh dunia. Pada masa lalu merica adalah komoditas perdagangan unggulan, harganya sangat mahal dan menjadi salah satu pemicu eksplorasi Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangan.

Image By: Google.com
Image By: Google.com

Ada dua jenis merica yang dikenal, yaitu lada hitam dan lada putih. Namun yang membedakan keduanya adalah cara memanen dan mempersiapkannya sebelum dipasarkan. Merica putih adalah merica yang  dipetik ketika sudah matang. Kemudian kulitnya dikupas dengan cara direndam didalam air selama dua minggu, setelah itu merica dikeringkan di bawah sinar matahari selama tiga hari. Sementara lada hitam adalah merica yang dipetik saat kulitnya masih hijau, tidak direndam dan segera dikeringkan dibawah sinar matahari.

Kandungan nutrisi tertinggi pada merica adalah vitamin K, vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Juga mengandung jejak vitamin B, seperti niacin, pyridoksin dan riboflavin, serta beberapa folat dan kolin. Merica juga mengandung serat, karbohidrat dan protein, namun sangat rendah kolesterol dan kadar gula .

Di balik rasa pedas nya lada memiliki khasiat sebagai penurun berat badan Lada mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan capsaicin, yang merupakan senyawa yang membuat rasa pedas seperti pada cabai. Capsaicin juga berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Mungkin karena demikian, capsaicin juga ditemukan dalam pil penurunan berat badan dan beberapa suplemen lainnya. Bagaimana capsaicin dapat membantu menurunkan berat badan  . Capsaicin berkemampuan membakar kalori dan lemak dengan sifat termalnya . Rasa pedas saat makan merica juga akan dapat membakar lemak.

252 Total Views 1 Views Today