Konsumsi Garam Secukupnya, Jika Tidak Ingin Mengalami Masalah Ini

Cirebonmedia.com – Garam dapur atau dalam bahasa ilmiahnya natrium chlorida ternyata memiliki fungsi yang amat penting untuk mempertahankan keseimbangan asam basa dalam tubuh. Tanpa adanya kadar garam yang cukup didalam tubuh  maka kita tidak akan bertahan hidup. Namun meskipun garam penting bagi tubuh, penggunaannya tidak boleh melebihi batas kebutuhan dalam sehari. Saat ini Banyak orang yang terlalu banyak mengkonsumsi salah satu bumbu dapur ini. Mereka membubuhkannya dalam jumlah yang terlalu banyak pada makanannya sehingga akan merusak cita rasa asli makanan yang sebenarnya.

Tahukah Anda Penggunaan natrium chlorida yang berlebih-lebihan akan memberatkan kerja ginjal, dan dapat menaikkan tekanan darah. Bila kita bijaksana, gunakan garam secukupnya saja. Salah satunya gejala sembab atau pembengkakan pada tungkai dan mata kaki dapat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi bumbu dapur yang memiliki warna putih tersebut (natrium). Ini diakibatkan karena tidak sempurnanya pembuangan garam melalui ginjal.

Tekanan darah mungkin akan naik dan tidak akan turun lagi sampai kelebihan natrium sudah dikeluarkan dari tubuh. Orang yang menderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, atau ginjalnya yang bermasalah, harus selalu menghindari penggunaan garam dan semua makanan yang rasanya asin secara berlebih-lebihan.

Fungsi lain dari natrium chlorida
Fungsi lain dari natrium chlorida

Konsumsi garam ekstra diperlukan saat cuaca panas. Bila kita bermandi keringat, maka banyak garam yang dikeluarkan dari tubuh, dan menyebabkan kekejangan otot-otot yang rasanya nyeri. Saat cuaca panas, seseorang yang mengidap penyakit jantung ringan, dapat mengkonsumsi lebih banyak garam, terutama jika mereka merasa amat penat atau sakit pada otot-ototnya.

Selain baik bagi kesehatan ternyata garam memiliki manfaat yang besar bagi kecantikan wajah Garam telah digunakan sebagai bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit.

Namun jika ingin mencoba perawatan menggunakan natrium chlorida di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi berisi air hangat. Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

Shares
Share This