Biji Pepaya yang Memiliki Kandungan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Cirebonmedia.com- Buah merupakan salah satu penyumbang nutrisi dan vitamin terbesar bagi manusia, tak heran jika para ahli nutrisi, dokter hingga instruktur fittnes menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi buah-buahan. Dan salah satu buah yang memiliki khasiat bagi kesehatan ialah Pepaya, tak hanya buahnya saja akan tetapi biji pepaya memiliki khasiat bagi tubuh manusia.

Pepaya merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Pepaya merupakan buah tropis yang mengandung banyak vitamin. Pada umumnya kita mengonsumsi buah ini dengan membuang bijinya, padahal menurut beberapa penelitian biji pepaya juga mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh.

Salah satu manfaat biji pepaya adalah mencegah gangguan liver dan mengusir cacing di usus. Tetapi, makan biji pepaya mentah bukan hal yang lazim. Sebagian orang mengolahnya dengan cara menghaluskan biji pepaya lalu mencampurnya dengan salad.

Lalu apa saja manfaat yang terkandung dalam biji buah yang berasal dari Meksiko ini, berikut beberapa manfaat nya:

 

Untuk Membantu Pencernaan

Terkait dengan zat papain yang terkandung dalam biji papaya, hal ini sangat baik untuk membantu enzim pencernaan yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan

Menghilangkan parasit usus

Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.

Biji pepaya yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh
Biji pepaya yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh

Menyehatkan jantung

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, Biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Mencegah dan mengatasi rambut beruban

Kandungan senyawa Glucoside carcirindan yang terdapat dalam dalam biji pepaya ampuh mencegah timbulnya uban dan dapat menghitamkan rambut. Caranya, keringkan biji pepaya, sangrai dan haluskan. Setelah itu, campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada rambut secara merata pada malam hari sebelum tidur.

Mencegah Penyakit sirosis hati

Kandungan nutrisi dalam biji pepaya ampuh mengeluarkan racun dari liver atau hati (detoksifikasi). Penggunaan secara rutin dapat melindungi hati dari penyakit mematikan, seperti  sirosis hati.