Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Ruangan

Cirebonmedia.com – Tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan dari tanaman hortikultura yang dimanfaatkan orang untuk memberikan kesan keindahan. Salah satu contohnya adalah dengan menempatkan tanaman hias yang memiliki aroma yang segar di dalam ruangan. Tanaman hias yang ada di rumah atau kantor memang ditujukan untuk mempercantik ruangan namun selain itu tanaman hias juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat yang dimiliki oleh tanaman hias? Dikutip dari NY Times, berikut beberapa di antaranya

Menyedot Polusi Dalam Ruangan

Tanaman tidak hanya sebatas mengeluarkan oksigen dan mengisap karbon dioksida, penelitian yang dilakukan NASA tahun 1989 mengatakan tanaman hias juga menyedot unsur – unsur yang tergolong sebagai polutan yakni benzene, trichloroethylenedan formaldehyde. Polutan ini disedot melalui akar, tanah, maupun bakteria yang ada disekitar tanaman.

Menghilangkan Stres

Studi yang dilakukan oleh Society of American Florist menyebut lansia yang memiliki tanaman hias di rumahnya lebih panjang umur dan memiliki ingatan yang lebih. Hal ini terjadi karena mereka menghilangkan stres dan rasa kesepian dengan merawat tanaman.

Manfaat dari tanaman hias di dalam ruangan
Manfaat dari tanaman hias di dalam ruangan

Tingkatkan Produktivitas

Studi gabungan yang dilakukan antara Inggris dan Belanda menemukan manfaat lain tanaman hias di dalam ruang kantor. Dalam studi tersebut, ruangan kantor yang memiliki tanaman hias membuat karyawan lebih produktif, memiliki tingkat konsentrasi yang baik dan kepuasan kerja yang tinggi.

Jarang Sakit

Studi yang dilakukan di Norwegia pada tahun 1998 juga menyebut manfaat lain memiliki tanaman hias. Disebutkan dalam studi tersebut orang-orang yang memiliki tanaman hias dalam rumahnya akan lebih jarang mengalami demam, batuk, tenggorokan kering dan gatal-gatal.

Meredakan Rasa Cemas

Studi lainnya menemukan manfaat tanaman hias bagi pasien di rumah sakit yang hendak melakukan operasi. Dalam studi tersebut disebutkan pasien operasi usus buntu berkurang rasa sakit, stres, lelah, cemas dan kekhawatirannya jika kamar ruang tunggunya memiliki tanaman hias.

Shares
Share This