Buah Semangka yang Bermanfaat Menyehatkan Jantung

Cirebonmedia.com– Sudah diketahui bahwa buah memiliki manfaat baik bagi tubuh manusia dan salah satunya adalah buah Semangka. Buah semangka memang tak se-populer Jeruk atau Apel, namun buah yang memiliki daging buah berwarna merah ini memiliki manfaat yang baik bagi jantung.

Buah semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon  dan ketimun . Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Buah semangka menjadi buah yang populer saat Penelitian yang dilakukan di Florida, Amerika Serikat ini menemukan sebuah senyawa dalam buah semangka yang mampu untuk membantu melebarkan dan merilekskan pembuluh darah. Hal ini sangat membantu jantung untuk tidak bekerja terlalu keras memompa darah keseluruh tubuh. Senyawa tersebut disebut dengan citrulline. Dan senyawa ini kandungan terbanyaknya terdapat dalam bagian kulit semangka pada semua jenis buah semangka, khususnya pada semangka yang berwarna kuning.

Buah yang memiliki manfaat bagi jantung
Buah yang memiliki manfaat bagi jantung

Dalam penelitian lain yang dilakukan di negeri Ratu Elizabeth, para peneliti menggunakan tikus laboratorium sebagai percobaan. Mereka memberikan makanan berkolesterol tinggi pada beberapa ekor tikus. Lalu sebagian dari tikus tersebut diberi asupan jus semangka setiap hari. Hasilnya, tikus-tikus yang mendapatkan asupan jus semangka mengalami penurunan jumlah kolesterol jahat yang cukup signifikan pada darah mereka. Tikus-tikus tersebut juga terlihat lebih aktif dan sehat daripada tikus yang tidak diberi jus semangka.

Memang buah semangka memiliki tampilan menarik dan menggoda karena warnanya yang merah dan mengandung banyak air yang tentu bisa membantu setiap orang untuk menambah asupan air dalam tubuh, tapi lebih dari itu, mengonsumsi sepotong semangka tiap harinya bisa sebagai solusi sederhana untuk pencegahan penyakit jantung. Ingat bahwa sakit jantung itu bisa dari kolesterol tinggi yang berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh, banyak orang tidak mempedulikan gaya makan mereka sehari-hari dan ketika kelebihan berat badan, kolesterol tinggi dan penyakit jantung pun menjadi risikonya.

Muali saat ini buah semangka bisa menjadi alternatif untuk melindungi jantung dari kolesterol jahat yang bisa mengancam kinerjanya.

Sumber: Berbagai Sumber

Shares
Share This