Cirebonmedia.com-  Junk Food adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang besar. Walau tahu makanan junk food mengandung kalori tinggi, tapi selalu ada alasan untuk mengonsumsinya. Kita juga berdalih olahraga bisa membakar kalori dari makanan tersebut.

Memang benar olahraga bisa membakar kelebihan kalori yang kita asup, asalkan durasinya tepat. Beda jenis makanan atau minumannya, beda pula waktu yang dibutuhkan. Semakin banyak kalori yang terdapat dalam junk food, makin besar perbedaan waktu olahraga pada pria dan wanita.

Soft drink
Dalam kaleng Coca-Cola berukuran 330 ml terkandung 139 kalori. Porsi kalori tersebut tergolong kecil dan tidak butuh banyak olahraga untuk membakarnya. Pria butuh 12 menit olahraga kardio atau 16 menit angkat beban, sementara pada wanita dibutuhkan 14 menit kardio atau 19 menit angkat beban.

 Fried Chicken
Tiga potong ayam goreng di KFC memiliki 726 kalori, yang berarti hampir sepertiga dari total kalori yang direkomendasikan untuk wanita dalam sehari. Pada wanita, kalori itu bisa dibakar dengan melakukan olahraga kardio selama 1 jam 15 menit atau 1 jam 41 menit angkat beban. Pada pria, kira-kira dibutuhkan 1 jam 3 menit olahraga kardio atau 1 jam 24 menit angkat beban.

Junk food
Junk food

Big Mac
Burger Big Mac di gerai McDonald mengandung 490 kalori. Jika Anda laki-laki, maka perlu 42 menit kardio dan 51 menit pada wanita. Jika Anda lebih suka angkat beban, maka pada pria butuh waktu 57 menit dan wanita 68 menit.

Pizza ukuran kecil
Meski berukuran kecil, tetapi pizza Meatlover di gerai Domino’s mengandung 966 kalori. Untuk membakar kalori itu, disarankan lari 1 jam 20 menit, berenang 1 jam 50 menit, yoga selama 2 jam 50 menit, atau berjalan kali 3 jam 40 menit.

Sepotong cake
Dalam cake cokelat seberat 440 gram, terkandung 1.710 kalori. Pria butuh melakukan kardio 2 jam 9 menit, atau 3 jam 19 menit angkat beban untuk membakar kalori tersebut. Sementara pada wanita yang ingin kardio, disarankan melakukannya 2 jam 58 menit, atau angkat beban hampir 4 jam.

74 Total Views 1 Views Today