Cirebonmedia.com- Santai sambil menyaksikan TV atau film di rumah merupakan suatu hal yang paling menyenangkan di dunia ini, apa lagi jika ditambah dengan cemilan sebagai pendampingnya, serasa hidup di surga. Ngemil memang menyenangkan, akan tetapi kebiasaan ini bisa memicu naiknya berat badan seseorang.

Ngemil merupakan bahasa yang masuk dalam kategori bahasa gaul atau bahasa kekinian, yang memiliki artian, seseorang yang melalkukan kegiatan memakan makanan ringan seperti chiki, kacang dan keripik. Bisa dikatakan ngemil itu mengkonsumsi makanan yang tidak termasuk ke dalam makanan berat seperti nasi dan lain-lain.

Berbicara tentang ngemil, wanita lebih berpotensi memiliki kebiasan ngemil ketimbang pria. Hal ini dikarenakan wanita lebih sering mengalami perubahan mood atau suasana hati, selain itu wanita juga kerap menanggapi sesuatu dengan perasaan yang berlebih, sehingga ngemil merupakan cara yang biasa dipakai wanita untuk meluapkan emosi serta menghilangkan rasa galau.

Meskipun mengemil memiliki dampak positif, namun pakar kesehatan tidak menyarankan seseorang untuk mengemil. Hal ini juga dikarenakan ngemil memiliki dampak buruk, bahkan kebiasaan yang satu ini memiliki dampak buruk lebih banyak ketimbang dampak positifnya, terlebih saat ini banyak sekali jenis cemilan yang tak sehat seperti gorengan, potato, keripik, roti, dan berbagai snack lainnya yang tidak memiliki nilai gizi namun tinggi kalori dan garam yang tentu kurang baik untuk kesehatan.

Lalu bagaimana cara untuk menahan diri untuk tidak ngemil? Berikut adalah beberapa cara menahan diri dari godaan ngemil:

Makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari

Cara mengurangi mengemil adalah dengan memakan makanan pokok yang sehat secara teratur 3 kali sehari. Biasanya, orang yang suka ngemil cenderung kurang mengkonsumsi asupan makanan besar atau pokok tiap harinya. Maka dari itu, untuk mengurangi kebiasaan ini, Anda harus makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Penuhi asupan makanan sehat dengan sayuran dan buah-buahan. Maka kebiasaan tersebut akan berkurang, karena nafsu makan pun berkurang.

ngemil
ngemil

Jangan membiasakan diri menyetok cemilan di rumah

Biasanya seseorang terus mengemil dikarenakan adanya stok cemilan di rumah. Nah, bagi Anda yang ingin mengurangi hasrat untuk mengemil, sebaiknya tidak membiasakan diri untuk menyetok camilan di rumah. Dengan tidak adanya camilan di rumah, maka Anda tidak akan bisa mengemil lagi.

Biasakan diri untuk menahan keinginan untuk ngemil

Cobalah biasakan diri untuk menahan hasrat ingin ngemil, jika Anda berusaha ingin hidup sehat. Anda juga harus konsisten untuk tidak tergiur dengan camilan apapun yang membuat Anda ingin segera menyantapnya.

22 Total Views 3 Views Today