Buah Delima Bisa Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

Cirebonmedia.com- Hidup sehat itu harus dijaga setiap harinya, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat baik itu sayur ataupun buah. Berbicara mengenai buah ada satu buah yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa yaitu buah delima.

Delima adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Buah berwarna kemerahan dan penuh biji ini mempunyai khasiat yang banyak bagi tubuh dan kecantikan. Buah yang kaya akan antioksidan ini juga bisa membantu kita berumur lebih panjang.

Mari kita mengetahui apa saja manfaat dari buah yang menduduki peringkat pertama sebagai jus buah paling sehat :

Melawan obesitas

Konsumsi jus delima 8 ons setiap hari bisa mencegah kegemukan. Buah ini memberi sensasi rasa kenyang pada perut sehingga menekan keinginan ngemil. Para ahli menduga, polifenol dalam buah ini bekerja menekan keinginan makan.

Melindungi jantung

Dalam sebuah studi diketahui, mereka yang mengonsumsi 800 miligram minyak biji delima selama 4 minggu memiliki kadar trigliserida yang rendah. Selain itu rasio antara triligliserida dan kolesterol baik juga meningkat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga memiliki efek melindungi jantung.

Mencegah kanker

Menurut penelitian, fitokimia dalam delima melindungi dan memperlambat pertumbuhan berbagai tipe kanker payudara. Ini karena antioksidan dalam delima menghambat pertumbuhan estrogen yang responsif pada kanker payudara.

Meningkatkan daya ingat

Polifenol dalam delima juga memperbaiki memori orang berusia lanjut. Pola makan yang sehat memang diketahui meringankan efek penuaan pada otak. Konsumsi jus buah delima disarankan scara teratur untuk meningkatkan kemampuan kognitif orang berusia lanjut.

Buah delima memiliki beragam manfaat

Mencegah artritis

Peradangan pada sendi atau artritis dan perburukannya bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi delima. Dalam penelitian, mereka yang diberikan ekstrak delima mengalami penurunan biomarker penyakit artritis reumatoid dan stres oksidatif. Orang yang diberi ekstrak delima dua kali sehari juga mengalami penurunan rasa nyeri, bengkak, dan sakit persendian.

Mengatasi disfungsi ereksi

Konsumsi jus delima diketahui memperbaiki fungsi seksual pria. Dalam penelitian tahun 2007 diketahui separuh partisipan studi yang minum jus delima mengalami peningkatan kualitas ereksinya