Cirebon Media – Jangan pernah berpikir kamu sehat jika tidak pernah olahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena salah satu pola hidup sehat adalah dengan berolahraga. Terdapat banyak manfaat  baik bagi tubuh bila kamu sering melakukan olahraga, selain untuk kebugaran olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Di zaman modern ini, kesibukan sehari-hari menjadi hambatan untuk berolahraga. Apalagi bagi orang-orang yang sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu luang untuk berolahraga. Karena kesibukannya itu membuat kebanyakan orang berolahraga di malam hari, tetapi berolahraga di malam hari tidak baik karena mengganggu waktu istirahat.

Namun, bagi kamu yang sering berolahraga sebaiknya kamu mengetahui hal apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga. Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Minum Es Setelah Olahraga

Kebanyakan orang meminum es setelah berolahraga karena dianggap dapat menyegarkan dan menghilangkan rasa cape setelah berolahraga. Namun, hal tersebut sangat berdampak buruk pada kesehatan tubuh, karena pembuluh darah menyempit dan hal ini berisiko menyebabkan aliran darah terhenti.

 

 

  1. Tidak Makan Setelah Olahraga

Kebanyakan para wanita lebih memilih untuk tidak makan sehabis olahraga karena dianggap sia-sia, terlebih untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Namun pendapat tersebut tidaklah benar karena tubuh membutuhkan karbohidrat untuk mengisi kembali energi dalam tubuh.

  1. Menyentuh Wajah

Setelah berolahraga biasakanlah mencuci tangan sebelum menyentuh atau menggosok wajah. Karena banyak bakteri yang menumpuk pada alat-alat olahraga yang digunakan.

  1. Langsung Melakukan Pekerjaan Berat

Setelah berolahraga biasakan untuk beristirahat sebentar jangan langsung melakukan perkerjaan yang berat dikarenakan dapat menyebabkan otot yang lelah menjadi luka.

  1. Tidak Melakukan Peregangan

Jika kita melakukan peregangan setelah berolahraga akan membantu otot menjadi rileks dan dapat membantu tubuh menyesuaikan temperature beserta tingkat aktivitas otot dan persendian, dengan begitu proses pemulihan akan terjadi lebih cepat dan efektif.

Penulis : Helda Damayanti & Euis Komalasari

Sumber :

http://lifestyle.liputan6.com/read/3058647/6-hal-yang-tidak-boleh-anda-lakukan-setelah-olahraga