Cirebon Media – Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting, karena kulit merupakan bagian tubuh yang harus tetap sehat dan terjaga. Untuk terhindar dari masalah penyakit kulit kamu harus merawat kulit dengan baik, salah satunya yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh. Penyakit kulit memang bermacam-macam, tetapi yang paling sering ditemukan adalah panu.

Panu merupakan penyakit kulit yang muncul karena adanya pertumbuhan jamur pada kulit kita. Jenis jamur yang menyebabkan panu ialah candida albicans. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini, namun ada panu yang cepat hilang dan ada yang susah dihilangkan. Biasanya panu mengendap di daerah bagian wajah, leher, tangan, bahu dan punggung.

Panu memang bukan penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian, namun panu sangatlah menjengkelkan. Apalagi jika panu menyerang bagian wajah, tentunya akan merusak kepercayaan diri, karena panu dianggap penyakit yang disebabkan kurangnya kita dalam menjaga kebersihan.

Gejala awal panu biasanya timbul bercak-bercak putih pada kulit, hal ini akan berdampak buruk apabila panu tidak kita atasi segera. Panu bersifat menular dimana jamur ini akan terus tumbuh dan menjalar kebagian tubuh lainnya. Panu akan menimbulkan gatal-gatal pada saat berkeringat. Penyebab panu diantaranya adalah suhu udara yang terlalu lembab, jarang ganti baju dan mandi, menggunakan handuk bersamaan, dan keringat yang berlebihan.

Diatas hanyalah sebagian besar penyebab-penyebab terjadinya panu yang biasa terjadi pada kulit kita, bagi kamu yang sudah terlanjur terkena penyakit ini. Berikut ada cara alami yang ampuh untuk menghilangkan panu secara cepat.

  1. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Cara Penggunaan : Tumbuk halus belimbing wuluh dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya lalu oleskan pada bagian panu secara merata sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

  1. Jeruk Nipis dan Belerang

Inilah cara yang sejak zaman dahulu dilakukan. Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Cara Penggunaan : Tumbuk halus belerang secukupnya dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis kemudian aduk rata dan oleskan pada panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara rutin. Maka panu akan menghilang dengan cepat

  1. Bawang Putih

Bawang putih sangat ampuh dalam mengatasi panu, karena mempunyai senyawa anti-bakteri yang mampu membunuh segala jenis jamur dan kuman terutama pada kulit.

Cara Penggunaan : Ambilah 1 siung bawang putih kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian. Gosoklah bagian dalam bawang putih ini pada area panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih. Tahan saja perihnya, bila rasa perih sudah menghilang lanjutkan menggosok lagi sampai kulit memerah dan terasa perih lagi. Setelah itu biarkan sejenak sampai bakteri jamur ini mati.

Walaupun obat kulit dan obat panu sudah banyak beredar di apotek, tetapi cara alami perlu kamu coba ya. Karena produk obat-obatan pasti memiliki efek samping dan juga terkadang tidak cocok dengan jenis kulit kita. Untuk itu ambil cara yang paling aman yang tentunya dengan hasil maksimal. Cara-cara alami dalam mengatasi panu akan ampuh jika kita melakukannya secara rutin ya..

Selamat mencoba..

Penulis: Helda Damayanti

Sumber:

https://www.bisikansehat.com/2015/03/cara-alami-menghilangkan-panu-dengan-cepat-dalam-1-hari.html

https://artikel.co/cara-menghilangkan-panu/