KHASIAT MENGKONSUMSI KECAP

Kecap yang kita tahu mungkin hanya berfungsi sebagai penyedap masakan. Namun kecap manis yang memang identik dengan lidah indonesia ternyata sangat bermanfaat juga untuk kesehatan.

Sesungguhnya kecap juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Bahan utama pembuatan kecap yaitu kedelai hitam, yaitu biji-bijian yang datang dari tanaman liar di cina utara atau dikenal dengan nama latin glycine max merrit.

Kedelai hitam memang bermanfaat bagi tubuh. Selain penambah cita rasa makanan mengonsumsi kecap juga akan menyehatkan tubuh. Tapi tetap dengan batasan yang wajar ya.

Gaya hidup sehat. sumber: bellanyc.com
  1. Pemberi  sumbangan gizi

Ialah zat gizi mikro dan amat penting untuk kesehatan, layaknya mineral iodium, zat besi, serta vitamin A. ketiga zat gizi mikro tersebut amat butuh ditambahkan. Cukup banyaknya produksi  kecap yang sudah difortifikasi dengan mineral iodium, zat besi, serta vitamin A. Sekurang-kurangnya bisa menekan beragam kekurangan gizi.

  1. Meringankan flu dan batuk

Madu dan jeruk nipis memang sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat. Untuk meringankan batuk, campur air perasan jeruk nipis, madu, serta kecap manis, aduk dalam segelas air hangat, lalu minum. Khasiatnya dapat memberikan rasa lebih ringan pada batuk yang diderita Sob.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Hal ini karena pada kecap terdapat kandungan isoflavon dan antosianin yang mampu memperbaiki profil lipid untuk memgurangi tekanan darah dalam tubuh Sob.

  1. Mencegah penyakit jantung coroner

Adanya  kandungan pada kecap bisa menghambat oksidasi kolesterol, yaitu awal pembentuk plak pembuluh darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

  1. Melancarkan pencernaan tubuh

Kandungan serat yang dimiliki kecap akibat berasal dari pengolahan biji-bijian memiliki manfaat yang baik. Dengan adanya kandungan serat ini, maka manfaat kecap berikutnya yang juga baik untuk tubuh kita adalah dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Dengan begitu, maka Sobat Nida  dapat terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, dan perut yang terasa kembung ataupun mual.

  1. Mencegah munculnya anemia atau kekurangan darah

Selain protein, manfaat kecap berikutnya berasal dari kandungan zat besi yang ada pada kecap. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang juga diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi sendiri sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah kita, dan juga dapat membantu mencegah munculnya gejala anemia atau kekurangan darah Sob.

Sumber : https://annida-online.com