Hal Penting dalam Merawat Kacamata

Perawatan Kacamata. Sumber : livestrong

Bagi kalian yang mengidap Miopi alias rabun jauh anda pasti membutuhkan Kacamata sebagai alat bantu. Dan jika ukuran minus mata anda sudah cukup besar, sudah pasti kacamata menjadi hal penting untuk anda bekerja dan menjalani hari.

Karena kacamata sudah menjadi bagian penting dalam rutinitas keseharian, tentu saja anda harus rajin merawat benda ini. Ini lah langkah-langkah agar kacamata anda selalu terjaga dengan baik.

 

  1. Cuci kacamata secara rutin

Lensa kacamata mudah sekali terpapar oleh kotoran yang ada di sekitar kita. Akibatnya, tak jarang ada bercak-bercak noda di lensa kacamata yang membuat penglihatan menjadi terganggu. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kacamata dicuci secara berkala menggunakan cairan pembersih khusus untuk kacamata.

Anda juga dapat membawanya ke optik. Karena, optic memiliki alat khusus untuk membersihkan kacamata yang dapat membuat kacamata anda lebih bersih.

  1. Gunakan cairan pembersih khusus untuk kacamata

Seperti yang sudah disebutkan di poin nomor 1, membersihkan kacamata sebaiknya dilakukan secara berkala dengan cairan pembersih khusus kacamata, jangan menggunakan cairan pembersih sembarangan.

Kandungan ammonia yang biasanya ada dalam pembersih dapat merusak lapisan kacamata. Cairan pembersih kacamata biasanya dijual di optic dalam bentuk spray berukuran kecil, sehingga praktis dibawa ke mana-mana.

  1. Keringkan dengan cara diangin-angin

Setelah mencuci kacamata, cara pengeringan yang paling disarankan adalah dengan diangin-anginkan. Cara ini membuat kacamata yang telah dicuci jadi kering secara ‘alami’ tanpa dilap, sehingga lapisan lensa kacamata tidak tergores

  1. Tidak menggunakan sembarang kain untuk mengelap kacamata

Mengelap kacamata memang tidak dapat dilakukan dengan sembarang kain. Kain yang disarankan adalah kain yang bersih, lembut, dan bebas serat. Tidak disarankan menggunakan kertas tisu untuk mengelap kacamata, karena teksturnya dapat menggores lapisan lensa kacamata.

Kain khusus untuk membersihkan kacamata ini biasanya diberikan secara gratis oleh optik saat Kamu pertama kali membeli kacamata. Namun, tidak ada salahnya membeli beberapa kain pembersih tambahan, sebagai cadangan bila kain yang biasa digunakan sedang dicuci.

  1. Tidak menaruh kacamata dengan lensa menghadap ke bawah

Hal ini akan membuat lensa kacamata rentan tergores di atas benda padat.

 

  1. Lepas kacamata dari kedua sisi

Tidak seimbangnya bingkai sebelah kanan dan kiri, alias kacamata terlihat miring saat digunakan! Hal ini selain mengganggu penampilan, tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkegiatan menggunakan kacamata.

Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memegang kacamata pada kedua tangkainya saat dilepaskan. Jadi, bukan hanya dipegang di salah satu tangkai saja, atau malah di daerah lengkungan yang menghubungkan lensa kiri dan kanan.

Hal ini akan membuat salah satu bagian kacamata menjadi lebih kendor daripada bagian lainnya. Tidak disarankan juga untuk menggantung kacamata di bagian depan baju ataupun diletakkan di atas kepala seperti bando.

  1. Simpan kacamata di dalam kotaknya jika sedang tidak digunakan

Jika anda sedang tidak menggunakan kacamata, misalnya ketika anda mengenakan lensa kontak, sebaiknya kacamata disimpan dalam kotak kacamata. Kotak kacamata yang keras lebih disarankan, karena dapat melindungi kacamata dengan lebih baik jika disimpan di dalam tas.

Itulah 7 hal yang dapat anda lakukan agara kacamata selalu terawat dengan baik, sederhana namun terkadang kita lupa untuk melakukannya. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan matamu secara berkala, terutama jika anda sudah mulai merasa tidak nyaman melihat dengan kacamatamu yang sekarang. Kemungkinan besar itu pertanda kalau anda membutuhkan kacamata dengan ukuran yang baru. Selamat merawat kacamata.

Sumber : guesehat
Dikutip oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)