Ritual di Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menentramkan Hati

Bangun pagi merupakan aktivitas yang sukar dijalani bagi sebagian orang. Salah satu penyebabnya mungkin ialah begadang. Kurang tidur membuat pusing saat mereka yang begadang bangun pagi, dan karena pusing itulah mereka jadi enggan bangun pagi. Intinya mereka jarang bangun pagi bukan karena tidak bisa, melainkan hanya belum teratur tidurnya.

Padahal sebenarnya banyak manfaat dari bangun pagi. Selain membuat tubuh menjadi lebih fresh, bangun pagi membuat harimu terasa lebih panjang. Kamu bisa mencobanya sendiri dan lebih baik lagi kalau disempurnakan dengan beberapa ritual pagi.

Ritual inilah yang bisa membuat harimu menjadi lebih mudah dijalani

1. Melakukan ibadah pagi

Saat kamu bangun pagi hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah ibadah. Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan karena masih bisa bernapas dan diberi kesehatan. Ibadah juga bisa membuat hatimu tenang. Dengan ketenangan hati, aktivitas yang akan kamu jalani terasa lebih mudah dan menyenangkan.

2. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan bisa membuat kamu fokus untuk bekerja. Yang perlu diperhatikan adalah sarapan pagi nggak perlu berlebihan, perhatikan nutrisi bukan porsinya. Kekenyangan justru bisa membuat sakit perut dan bisa menganggu kenyamananmu dalam bekerja.

3. Nikmati secangkir kopi, teh, atau jus buah

Untuk melengkapi kesegaran pagimu, meminum minuman hangat sembari menikmati udara pagi di teras rumah patut kamu lakukan. Meski terlihat sepele, ternayata aktivitas ini punya kegunaan yang baik yaitu memberikan kesegaran sebelum kamu bergegas menyiapkan perlengkapan kerja.

4. Membuat list tentang apa yang ingin dilakukan

Sambil meneguk secangkir minuman dan menikmati udara pagi ada baiknya kamu manfaatkan kesengganganmu itu untuk membuat daftar aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan seharian. Mulai dari hal apa yang perlu diselesaikan tersebih dahulu, sampai rencana-rencana lain setelahnya.

Menuliskan hal-hal yang ingin dilakukan ini membantumu dari waktu yang terbuang. Dengan semuanya yang telah terjadwal, kamungkinan terbuangnya waktu semakin kecil. Ini membuatmu menjadi lebih produktif dengan mempersiapkan semuanya terlebih dahulu.

5. Mendengarkan musik sebelum beraktivitas

Setelah semuanya siap dan kamu akan berangkat, selingi keberangkatanmu dengan mendengarkan musik. Setel lagu-lagu favoritmu. Meski kelihatannya tidak terlalu penting namun mendengarkan musik di pagi hari berguna untuk membangkitkan moodmu untuk bekerja. Musik yang baik membuat suasana hati menjadi baik juga, kalau sudah begitu pekerjaan atau deadline kerja akan dengan senang hati kamu hadapi.

Penulis : Nisa

Shares
Share This