Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan

Saat kamu dihadapkan oleh berbagai pilihan, rasanya ingin mengambil salah satunya namun apakah keputusan yang diambil itu terbaik? Memutuskan itu gampang-gampang susah, tergantung masalahnya. Namun keputusan itu salah satu hal yang menunjang kebahagiaan hidup.

Sebenarnya kamu sudah terlatih untuk melakukannya bahkan sejak bangun tidur pun. Seperti ‘mandi atau salat dulu?’, ‘sarapan atau kopi?’, ‘sarapan makanannya apa?’, dsb. Pilihan tersebut memang sangat mudah sebab pengaruhnya tidak teralu signifikan.

Berbeda halnya kalau kamu ingin pergi liburan bersama teman-teman atau keluarga. Kamu harus mempertimbangkannya terlebih dahulu karena tentu seleramu dengan mereka pasti berbeda.

Semakin serius masalahnya, waktu yang dibutuhkan semakin lama. Sebaiknya jangan terburu-buru mengambil keputusan penting.

Namun saat keputusan itu harus diambil dalam waktu yang singkat, perhatikan dulu bahwa intuisimu itu sangat berpengaruh, meminta bantuan orang lain untuk membantumu, tidak egois, dan menyadari bahwa jika keputusan yang kamu ambil itu salah, rasa pahit akan kamu dapatkan.

Berikut ini tips untukmu dalam mengambil keputusan :

cofusedless
mendapatkan keputusan foto : blog.namecheap.com

1. Pastikan hasilnya sangat bermanfaat

Coba kamu bayangkan, bagaimana hasil keputusanmu 10 menit dari sekarang? Lalu 10 bulan dari sekarang? Atau bahkan, 10 tahun dari sekarang? Apakah akan ada potensi penyesalan? Kamu sendiri yang bisa ‘meramalkannya’.

2. Coba buat daftarnya

Kamu bisa menuliskan daftarnya dengan apa yang pro dan apa yang kontra. Trik ini biasanya bisa membantu ketika kebingungan harus memilih 1 dari 3 tawaran kerja, 1 dari 5 peluang bisnis, dsb.

Jika keputusan A diambil, apa saja manfaatnya dan apa saja mudaratnya. Tetapi patokannya tak harus ‘mana yang kelebihannya banyak, itulah yang harus dipilih’. Pada akhirnya juga akan kembali pada suara hati. Sebenarnya lebih condong ke yang mana? Lebih nyaman yang mana? Cobalah jujur pada dirimu sendiri.

3. Jangan hiraukan ekpektasi orang

Masalah besar akan terjadi saaat kamu terpengaruh perkataan atau komentar orang lain. Bisa jadi sebenarnya keputusan itu sederhana, namun karena diaduk dengan harapan orang lain, dan kebingungan diri sendiri, masalah menjadi semakin runyam.

Untuk membantu menyederhanakannya, kamu bisa melakukan seleksi terhadap banyak pilihan yang ada. Pasang telinga pada suara hatimu sendiri, bukan pada nyinyiran orang lain. Kalau sudah menakar segala konsekuensinya dan merasa mantap, bertanggung-jawab dan berbahagialah dengan pilihan itu.

Mungkin nanti ada orang yang mengejek atau memandang rendah pilihanmu. Jangan hiraukan. Yang terpenting bukan tentang penilaian mereka, melainkan restu orang tua, ridho Tuhan YME, dan kepuasan dirimu sendiri.

Penulis : Nisa

Shares
Share This