Sans Fransisco- Microsoft akhirnya mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi Windows, yang diumumkan saat acara Windows di Sans Fransisco kemarin. Sampai saat ini, Windows terbaru tersebut belum memiliki nama resmi dan masih menyandang codename “Threshold”, penerus Windows 8 yang nantinya akan memakai nama Windows 10.

“Windows berada di ambang pintu dan sekarang saatnya untuk Windows baru” ujar Terry Myerson, Wakil Presiden Direktur Sistem Operasi Microsoft yang dikutip dari situs TheNextWeb, Ia mengatakannya setelah memaparkan bahwa Windows sudah digunakan lebih dari 1,5 Miliar pengguna. “Tak tepat untuk menyebutnya Windows 9” tambah Myerson.

Seperti yang Cirebon Media kutip dari TheNextWeb, sebelum mememberikan nama baru, Myerson sempat bercanda kepada penonton yang hadir dengan mengatakan Windows baru rencananya akan bernama Windows One, tetapi dikarenakan Windows 1 sudah pernah diluncurkan, perusahaan akhirnya memilih menggunakan nama Windows 10. Windows anyar ini dapat bekerja di berbagai jenis perangkat seperti komputer, tablet, handphone “One product family. One platform. One store.” Tegas Myerson.

 

Walaupun dapat bekerja di berbagai jenis perangkat, sistem operasi anyar milik Microsoft ini menawarkan pengalaman yang berbeda di setiap perangkat dan jika pengguna memperbaharui atau menambahkan aplikasi di salah satu perangkat, perangkat lain akan secara otomatis memiliki hal yang sama tanpa perlu repot memasang atau memperbaharui kembali di perangkat yang lain. “Windows 10 akan memberikan pengalaman yang tepat pada perangkat yang tepat dan pada waktu yang tepat” imbuhnya.

Microsoft sebelumnya pernah berkata akan memunculkan kembali tombol “Start Menu” legendaris yang pernah menghilang di versi Windows sebelumnya. Kini di Windows 10, tombol yang sangat terkenal itu dimunculkan kembali. Bukan hanya sekedar dimunculkan, Microsoft juga memberikan sentuhan interaktif seperti kemampuan untuk memperbesar ataupun memperkecil ukuran “Start Menu”. Selain itu pengguna juga dapat mencari website tanpa perlu lagi membuka peramban atau browser.

Selagi memaparkan sistem operasi Windows terbaru, Joe Belfiore, Corporate Vice President, Operating Systems Group dari Microsoft, mengatakan bahwa beralih dari Windows 8 ke Windows 10 tidak sulit, karena kedua sistem operasi tersebut memiliki kemiripan yang hampir sama sehingga pengguna akan dengan mudah mengoperasikannya.

Beberapa fitur baru tidak ditampilkan, disebakan fitur masih belum siap untuk diperlihatkan ke publik dan perlu pengembangan lebih lanjut.

Mengenai kabar tentang tanggal rilisnya, Microsoft belum mengumumkan secara resmi. Tetapi mereka memberikan kode mengenai tahun perilisan. Kode itu tertera di password Wi-Fi di acara tersebut adalah “Windows2015”. Sehingga disimpulkan kemungkinan besar Microsoft akan merilis Windows 10  di tahun depan. Kita doakan saja, ya.

Sumber Berita: The Next Web