Cirebonmedia.com– Amerika Serikat merupakan Negara maju yang menghasilkan perusahaan-perusahaan raksasa yang telah dikenal namanya di seluruh penjuru dunia, salah satunya ialah Google. Saiapa yang tak mengenal perusahaaan yang satu ini, Perusahaan raksasa yang menyediakan berbagai macam informasi dari seluruh penjuru dunia yang memudahkan seseorang mendapatkan sebuah informasi hanya dengan menuliskan kata kunci pada halaman web nya.

Bisa dikatakan, Google merupakan mesin pencari di Internet yang berbasis di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di web dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situs-situs web kliennya seperti American Online (AOL). Kantor pusat Google berada di Mountain View, California.

Untuk bisa menikmati layanan yang ada pada perusahaan ini, seseorang diharuskan terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet. Di Indonesia sendiri dari total 250 juta penduduk, hanya sepertiganya yang baru merasakan kenikmatan akses internet. Oleh sebab itu, Google dan tiga operator seluler Indonesia menyepakati uji coba teknis balon internet Google di Indonesia.

Untuk itu, Project Loon yang merupakan inisiasi lab rahasia Google X bakal menyambangi Indonesia untuk mengalirkan akses internet di wilayah-wilayah terpencil. Project Loon bakal diuji coba di beberapa wilayah terpencil. Project Google Loon dalam bentuk balon terbang akan menjadi base transceiver station (BTS) “melayang” seperti menara BTS pada umumnya.

Setiap balon di Project Loon akan terbang di ketinggian lebih kurang 20 kilometer dari permukaan laut. Masing-masing memiliki jangkauan radius 40 km. Coba bandingkan jangkauan ini dengan menara telekomunikasi yang hanya sekitar 5 km. Dengan demikian jangkauan akan lebih luas dan daerah-daerah terpencil akan dapat merasakan akses internet.

Ini sungguh proyek yang baik, dimana program di dalamnya diperuntukan membantu masyarakat di daerah terpencil untuk dapat merasakan akses internet yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Semoga kedepannya proyek seperti ini dapat terus dilakukan agar semua masyarakat merasakan kemudahan dalam mengakses internet yang dalam dunia saat ini merupakan hal yang terpenting bagi manusia.

 

 

Sumber: Kompas

Image By: Google.com