Cirebonmedia.com – Drone atau bisa juga disebut pesawat tanpa awak telah menjadi teknologi yang popular saat ini. Drone saat ini kerap digunakan untuk kebutuhan media seperti recording video dengan mengambil angle dari atas yang tidak bisa dilakukan oleh manusia dan juga digunakan untuk kebutuhan mengambil foto dari atas.

Google salah satu mesin pencari terbesar yang sudah menjadi kebutuhan sehari – hari para pengguna internet dalam mencari sesuatu di-internet. Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi ini dikabarkan akan meluncurkan sebuah layanan baru berupa Google Drone Delivery Service yang akan diluncurkan 2017 mendatang.

Project Wing itulah sebutan google untuk layanan ini yang mengantarkan barang dari suatu perusahaan ke pelanggan dengan menggunakan teknologi Drone. Kabar ini disampaikan oleh David Vos, Pemimpin Projek dari layanan pengiriman ini. Dan juga perusahaan Online Retails seperti Amazon, Alibaba dan lainnya juga sedang bereksperimen tentang layanan pengiriman dengan menggunakan teknologi Drone ini.

Larry Page, co-founder Google, merencanakan untuk membua layanan pengiriman menggunakan drone yang nyata di tahun 2017

“Goal kami adalah untuk membangun bisnis komersial yang berjalan di tahun 2017” kata Danis Vos ketika berbicara di konvensi tentang kontrol lalu lintas udara yang diadakan di Washington lalu.

Tidak ada detail yang diberikan terkait tentang layanan Google Drone apa yang nanti akan diberikan atau jenis paket apa yang akan diberikan.

Detail tentang Project Wing muncul di tahun 2014. Awalnya itu dijalankan dalam Google X ( laboratorium penelitian rahasia perusahaan Google). Yang sekarang diyakini berada dibawah kendali Alphabet ( Perusahaan induk yang menaungi seluruh produk dari Google ).

Untuk langkah awal perusahaan membuat sebuah Drone uji coba yang diuji cobakan di Australia. Laporan awal menyatakan drone akan digunakan untuk bantuan bencana atau untuk memberikan pasokan medis.

Rancangan drone buatan google dapat membawa pengiriman paket sampai mendarat di tanah.

Amazon telah menerangkan rincian rencana untuk menggunakan drone sebagai alat pengiriman barang. Dikatakan octocopters (Nama Drone dari Amazon) bisa mengangkut paket dengan berat maksimal 2.3 kg kepada pelanggan dalam waktu 30 menit dari tempat pemesanan.

Selain itu, pada awal 2015 lalu, online retails terbesar dari China yaitu Alibaba melalukan percobaan 3 hari pengiriman menggunakan drone di sekitar kantor Alibaba yang berada di Beijing, Shanghai dan Guangzhou.

Diharapkan dengan layanan baru dari Google ini akan memberikan efek positif pagi para pengguna maupun perusahaan yang akan menggunakan layanan ini.

 

Image By: The Next Web

Source: BBC