Kecanggihan Mobil Presiden Jokowi

Cirebonmedia.com- Mobil kepresidenan adalah sebuah mobil yang digunakan oleh presiden seorang yang memimpin suatu Negara. Setiap pemimpin negara pada umumnya memiliki kendaraan dinas yang digunakan untuk keperluannya baik untuk kegiatan resmi, penyambutan tamu negara atau kegiatan-kegiatannya. Kendaraan yang digunakan umumnya memenuhi standar teknis seperti handal, tangguh, dan aman serta layak dari segi kenyamanan, meski tingkatan yang dimilikinya berbeda satu-sama lain bergantung kemampuan suatu negara.

Kendaraan yang biasanya digunakan adalah tipe Mercedes Benz yang sudah dilengkapi standar teknis tambahan yang dibutuhkan seperti kaca anti peluru, sistem komunikasi dan lain-lain. Selain Mercedes Benz, seringkali menggunakan merek-merek lain yang digunakan dan umumnya merek yang digunakan dapat diproduksi di dalam negeri sendiri sekaligus memacu industri otomotif dalam negerinya seperti Volvo, Toyota, Jaguar, dan Lincoln, bahkan buatan lokal lain seperti Tata asal India dan Proton asal negeri jiran Malaysia.

mobil Jokowi
Image By: Google.com

Presiden Indonesia saat ini Joko Widodo yang dikenal sebagai sosok yang sederhana dan tidak ribet dalam urusan memilih mobil untuk kendaraan dinasnya pun memiliki mobil kepresidenan yang canggih dan mewah. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard merupakan mobil dinas Kepresidenan Jokowi saat iniini memiliki tingkat perlindungan yang luar biasa aman.

Berikut kecanggihan mobil dinas presiden Jokowi Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Anti Peluru dan Ledakan
Resiko jadi orang nomor satu di Indonesia, adalah harus punya perlindungan khusus dari tangan orang-orang yang tidak menyukai Presiden terpilih. Mobil Presiden ini punya bodi lapis baja yang super keras dan mampu melindungi penumpang serta anti peluru dan juga granat. Apalagi di bagian kaca mobil Presiden punya ketebalan kaca polikarbonat yang tahan serang.

Ban Tahan Bocor
Mobil Presiden juga harus terus melaju jika belum sampai ke tempat pertemuan saat dinas. Jadi untuk mencegah mobil dinas Presiden tiba-tiba bermasalah seperti terkena ranjau paku dan membuat ban bocor, Mercy S600 Pullman Guard masih sanggup melaju hingga 60 km tanpa udara di bagian ban. Dalam kondisi darurat, tentu saja mobil tidak akan mudah terbalik karena rawannya kehilangan kendali handling saat ban bocor.

Tangki Bahan Bakar
Agar tidak bolak-balik mampir ke pom bensin, kapasitas tangki bahan bakar mobil Presiden harus besar. Apalagi mobil yang dipakai Presiden sekarang sanggup menampung bensin hingga 90 liter. Ditambah ada sistem keamanan pada tangki bahan bakar dengan hadirnya sistem kendali kebakaran dan mampu mengunci penyebaran api. Misalnya mobil terkena ledakan granat, sistem bakal bekerja dan mengantisipasi api yang bakal menyambar tangki dan nggak mudah terbakar.

Kaca Depan dan Jendela
Tidak hanya anti peluru, kaca depan dan jendela harus tahan panas dan fitur power window yang bisa menutup dengan cepat untuk jaga-jaga seandainya ada serangan langsung dari jendela. Ada juga fitur adjustable doorhold system di setiap pintu untuk memudahkan para penumpang untuk masuk dan keluar mobil dengan cepat.

Night View Assist System
Fitur ini bisa langsung dirasakan penumpang saat di dalam kabin. Presiden bisa langsung memantau kondisi yang ada di luar mobil meskipun penerangan cukup gelap. Pencahayaan tidak akan menjadi hambatan karena sudut pantau dari dalam mobil tidak akan berkurang.

Mesin
Mercedes-Benz S600 Pullman Guard punya mesin V12 berkapasitas 5.5 liter. Mesin ini didukung oleh Twin Turbo sehingga sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 517 daya kuda. Torsinya yang mencapai 830 Nm, mampu mengakomodasi bobot mobil ini yang sangat berat karena segudang fitur yang menyelimuti bodinya.