Cirebonmedia.com- Perkembangan teknologi belakangan ini harus diakui sangat dinamis dan berubah dengan cepat. Hal itu dapat kita rasakan sehari-hari dan tanpa kita sadari itu juga sebagai indikasi bahwa teknologi saat ini juga dapat digantikan dengan teknologi lain yang lebih maju di masa depan.Oleh karena itu, kita juga perlu memperhatikan beberapa teknologi berikut ini yang kemungkinan besar akan hilang dalam beberapa tahun mendatang.

Uang kertas, cek, kartu kredit, dan ATM

Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kecenderungan para nasabah untuk mulai bertransaksi secara online, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga termasuk pembelian. Hal ini juga didukung oleh penyedia layanan perbankan yang menyediakan layanan tersebut.

Selain hal tersebut, pelanggan bank secara online pun jauh meningkat, salah satunya di Amerika Serikat. Laporan terbaru mengenai The Unbanked Generation menemukan jika ada kurang lebih 94 persen nasabah yang berumur di bawah 35 tahun menggunakan fasilitas bankonline.

USB Flash Drive

Ternyata keberadaan USB Flash Drive saat ini mulai terganggu oleh kehadiran penyimpanan file berbasis komputasi awan.Salah satunya adalah seperti Apple, Box, Dropbox, Google, dan Microsoft berhasil menarik banyak pengguna untuk mulai beralih ke layanan tersebut.

Tidak hanya kapasitas penyimpanan yang besar, tetapi juga kemudahan bertukar data juga menjadi keunggulan layanan penyimpanan data berbasis cloud. Pengguna cukup mengirim data yang ingin dibagi tanpa perlu repot-repot bertemu langsung untuk menyerahkan USB flash drive.Selain itu, pengguna smartphone yang diprediksi akan terus bertumbuh juga mendukung fenomena ini.

Password

Pada saat ini password hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, di sisi lain password tidak selalu berhasil menjadi fitur keamanan yang selalu bisa dibilang aman. Sebab, tidak jarang beberapa pengguna yang sudah didukung dengan password ekstra kuat masih berhasil diretas.

Untuk itu, teknologi biometrik akan menjadi fitur keamanan generasi selanjutnya. Apalagi saat ini teknologi biometrik sudah banyak digunakan di perangkat mobile. Fitur tersebut seperti pengenal sidik jari, suara, dan wajah sudah mulai diterapkan di perangkat-perangkat high-end atauperangkat yang mempunyai harga diatas rata-rata. Namun, perlu diketahui bahwa teknologi ini juga memiliki risiko keamanan tersendiri dan berbeda dari yang sudah ada saat ini.

Image By: Google.com

Remot kontrol

Perangkat dengan berlebel kata ‘smart‘ akan jadi penyebab punahnya penggunaan remot kontrol di masa depan. Dengan adanya banyak perangkat yang terhubung dengan internet, akan mengubah cara seorang manusia berinteraksi. Karena, semuanya dapat diatur hanya dengan satu pengendali saja. Untuk itu, remot kontrol secara terpisah untuk masing-masing perangkat tidak lagi begitu penting di masa depan.

Dokumen dan surat perjanjian

Proses yang sering disebut sebagai ‘cloud agreements‘ ini diperkirakan akan semakin menjadi hal yang sangat terkenal. Karena, selain lebih hemat biaya tidak membuang kertas, penggunaan layanan komputasi awan juga lebih efektif. Tidak hanya itu, keamanan file di komputasi awan juga bisa langsung dibagi ke orang bersangkutan. Jadi, dapat dipastikan file akan diterima tanpa perlu melewati perantara.

 

85 Total Views 2 Views Today