Cirebonmedia.com- Dunia komunikasi telah berkembang pesat, hal tersebut memungkinkan seseorang untuk mengirim atau menerima pesan dari berbagai tempat di belahan dunia. Kemajuan ini didukung dengan teknologi canggih seperti gadget atau smartphone yang berperan sebagai perangkat untuk mengirim dan menerima pesan melalui berbagai aplikasi yang tersedia dan WhatsApp adalah salah satunya.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan untuk smartphone dengan basic yang menyerupai BlackBerry Messenger. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Image By; google.com

WhatsApp merupakan perusahaan yang telah diakuisisi oleh Facebook pada dua tahun lalu itu pada tahun 2015 lalu aplikasi ini memberlakukan aturan setahun pertama gratis, kemudian di tahun berikutnya membayar USD 0,99 atau Rp. 12.000 per tahun. Namun pada tahun 2016 ini WhatsApp akan menghapuskan biaya berlangganannya alias gratis. Menurut WhatsApp, pendekatan berbayar tidak cocok bagi penggunanya, sebab kebanyakan penggunanya tidak memiliki kartu debit atau kredit. Selain itu, menurut WhatsApp, para pengguna juga takut kehilangan akses ke teman dan keluarga setelah setahun pertama penggunaan aplikasi pesan ini. “Jadi dalam beberapa minggu ke depan, kami akan menghilangkan semua biaya dari semua versi di aplikasi kami dan WhatsApp tidak akan mengenakan biaya apapun untuk layanan ini” tulis WhatsApp, seperti dikutip dari Neowin.

Namun, sayangnya bagi pengguna yang sudah terlanjur membayar, WhatsApp menyatakan tidak menyediakan refund atau pengembalian uang pembayaran tersebut. Tercatat hingga September 2015, WhatsApp sudah memiliki 900 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan langkah gratisan ini, diharapkan jumlah pengguna aktifnya akan mencapai 1 miliar pengguna dalam waktu dekat.

Dengan langkah ini, semakin banyak pengguna yang bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi pesan singkat yang cukup populer ini dengan gratis.

48 Total Views 3 Views Today