Peran Media Online di Era Digital

Cirebonmedia.com- Di era Generasi digital seperti saat ini peran media konvensional mulai tergeser, saat ini segala bentuk informasi yang dibutuhkan dapat di dapatkan dengan mudah cukup dengan mesin pencarian Informasi Internet dan Media Sosial.

Sebenarnya Apa itu Internet dan media sosial, Internet adalah  singkatan dari Internet interconnection Networking, internet merupakan jaringan global dari sebuah jaringan komputer yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh US Departement of Defense dalam proye ARPANet (Advanced Research Project Network).

Dan media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu

Saat ini Benyak bermunculan media-media online yang lebih mengedepankan informasi berbasis digital, yang Up To Date, bukan sebuah hal yang di tidak mungkin lagi apabila suatu hari nanti peran media Konvensional akan tergantikan, mengingat peralihan era generasi saat ini yang terbilang fantastis.

Peningkatan Melek Internet di Indonesia sangat signifikan, Dimana Hampir setiap manusia Di Indonesia memiliki Smartphone. Sebenarnya apa itu Media Online?, Media Online secara umum, adalah segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online.

Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern, dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya.

Peran Media Online
Peran Media Online

Perkembangan internet berlangsung sangat pesat dan memiliki banyak kelebihan, baik secara teknis operasional maupun dari sisi sosial karena Internet memiliki kontribusi yang besar di dalam masyarakat

Media online memadukan antara teknologi komunikasi (internet) dan jurnalisme konvensional dalam satu ruang yang disebut jurnalisme online.

Sedangkan Media konvensional atau media cetak merupakan media yang terbit tiap hari secara terus-menerus dengan bentuk tulisan yang mengandung unsur 5W 1H (what, who, when, where, why, dan how) serta media cetak memiliki audiens yang terbatas. Berita pada media konvensional disajikan dalam berbagai bentuk seperti artikel