“Fitur Belanja”, Instagram Uji Coba Fitur Baru

Cirebonmedia.com- Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.

Instagram yang sudah memiliki banyak fitur yang unik kini mulai mengembangkan fitur baru-nya untuk memberikan kepuasan pengguna, Instagram kini mulai menguji coba fitur belanja alias shopping di platform-nya. Fitur itu memungkinkan pengguna menelusuri, membandingkan harga, dan memesan barang yang diinginkan langsung dari aplikasi Instagram di smartphone.

Untuk permulaan, Instagram bakal mengetes fitur ini di Amerika Serikat. Layanan berbagi foto tersebut sudah bekerja sama dengan 20 brand kawakan seperti Kate Spade, JackThreads, dan Warby Parker.

fitur baru instagram
fitur baru instagram

Akun Instagram brand-brand tersebut akan tampil beda mulai pekan depan. Dalam satu foto, akan ada ikon tekan-untuk-lihat alias tap-to-view. Ikon itu bakal menunjukkan harga tiap-tiap jenis barang yang terpampang dalam satu foto. Sementara ini, maksimal lima jenis barang dalam satu foto yang bisa dibikinkan tap-to-view.

Tak cuma soal harga, pengguna bisa membuka tag yang tertempel di tap-to-view untuk menggali informasi mendalam terkait suatu barang. Semua itu bisa dilakukan tanpa meninggalkan aplikasi Instagram.  Jika sudah yakin dan ingin membeli barang tertentu, pengguna cukup menekan tautan Shop Now yang terletak pada detail produk. Tautan itu akan membawa pengguna ke situs resmi sang brand untuk melakukan transaksi.

“Fitur ini akan meningkatkan apa yang kami tawarkan sebagai brand melalui sebuah platform mobile,” kata CMO JackThreads, Ryan McIntyre. Belum jelas kapan fitur shopping ini akan diluncurkan secara komersil untuk semua pengguna Instagram dan brand di mana saja. Pengetesan fitur ini sendiri baru dimulai pekan depan di Amerika Serikat.

Shares
Share This