VERSI ANDROID SAMPAI AKHIR 2017

Animasi Android. Sumber: CrackBerry.com

Istilah smartphone tak bisa lepas dari dua sistem operasi yang menandai popularitasnya, yakni iOS buatan Apple danAndroid buatan Google. Perbedaan paling signifikan antara iOS dan Android tampak pada prinsip keterbukaannya. Apple memilih menciptakan iOS secara eksklusif untuk iPhone, sementara Google membuat Android secara terbuka untuk semua vendor yang ingin bekerja sama.

Prinsip tersebut yang membuat Android menjadi sistem operasi paling populer saat ini. Perjalanan Android pun sudah sampai ke generasi ke tujuh dalam sembilan tahun terakhir. berikut sejarah perjalanan singkatnya.

  1. Android 1.0

Platform Android pertama kali diluncurkan pada September 2008, meskipun setahun sebelumnya Google telah merilis versi beta yang diperkenalkan kepada khalayak ramai. Android versi pertama dikenal dengan julukan Android 1.0 (android one). Saat itu Google belum menamainya dengan nama pencuci mulut.

  1. Cupcake 1.5

pada April 2009 Google memakai nama cemilan untuk pertama kali pada versi android. Penulis juga belum mengetahui secara jelas siapa pencetus ide ini. Yang jelas sampai hari ini Android akan terus diperbarui dengan nama dessert.

  1. Donut 1.6

Android melanjutkan penamaan dengan nama kue Donut. Donut 1.6 ini sendiri dirilis pada 15 September 2009. Sekitar 5 bulan setelah versi Cupcake dirilis.

  1. Eclair 2.0-2.1

lanjutan dari huruf D tentunya Google harus menamainya dengan awalan huruf abjad E. Maka pada tanggal 9 desember 2009 lahirlah OS Eclair 2.0-2.1.

  1. Froyo 2.2

Android versi terbaru kembali lahir pada 20 Mei 2010. Google menamainya dengan Froyo. Nama Froyo ini diambil dari singkatan frozen yogurt. Pada android versi ini mulai dilengkapi dengan fitur friendly user seperti opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler.

  1. Gingerbread 2.3-2.3.7

Gingerbread diperkenalkan pada tanggal 6 Desember 2010.  Fitur andalan dari Gingerbread sendiri tidak tersedia pada versi sebelumnya. Dengan adanya aplikasi download manager memungkinkan pengguna untuk mengunduh file secara langsung dari internet.

Disamping itu, versi Android ini sudah support multi kamera. Untuk selanjutnya, proses perbaikan pada versi ini terus diperbarui. Terakhir Gingerbread dirilis pada 21 september 2011 dengan versi 2.3.7 dan memiliki kinerja yang lebih optimal dari versi Android sebelumnya.

  1. Honeycomb 3.0-3.2

Honeycomb versi 3.0 dirilis pada 22 Februari 2011. Pembaruan ini ditujukan untuk tablet yang menggunakan platform Android. Baru kemudian pada Mei 2011 Honeycomb versi 3.1 diperkenalkan pada publik. Jika kamu sering main game di Android dengan joystick, cukup dengan menginstal android honeycomb agar bisa terkoneksi dengan gamepad.

  1. Ice Cream Sandwich 4.0-4.0.4

dirilis pada 19 oktober 2011. Penambahan mode buka kunci dengan identifikasi wajah pertama kali diususng pada versi ini, fitur yang bisa dibilang sangat keren untuk sebuah smartphone. Kemudian dari sisi browser bawaan Chrome, mampu memuat halaman hingga 16 tab.

  1. Jelly Bean 4.1.x-4.3.x

Jelly Bean yang pertama diluncurkan tepat 9 Juli 2012.  Pada versi 4.1, penguuna sudah mendapatkan fitur untuk mematikan notifikasi yang dianggap mengganggu pada aplikasi tertentu. Adapun perbaikan pada versi ini adalah penambahan fitur gerakan satu jari untuk menampilkan/menyembunyikan notifikasi.

  1. KitKat 4.4

Android KitKat dirilis pada 31 Oktober 2013 dan menjadi salah satu versi Android yang paling disukai oleh pengguna Smartphone di dunia. Mengapa demikian? KitKat memiliki fitur yang istimewa dari OS Android sebelumnya. Adanya optimasi kinerja untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

  1. Lollipop 5.0

Lollipop pertama kali diperkenalkan pada 25 Juni 2014. Bertepatan dengan momen tersebut, beragam hasil produk teknologi dari Google juga diperkenalkan. Antara lain Android TV dan platform pelacakan kesehatan Google Fit.

  1. Marshmallow 6.0

Sistem proteksi Android dengan metode sidik jari pertama sekali dirancang pada OS Android Marshmallow. Pengunaan proteksi sidik jari pada Android M ini bisa digunakan untuk proses otentikasi Play Store dan pembelian dengan sistem Android Pay. Disamping itu, sidik jari banyak digunakan oleh pengguna Marshmallow untuk membuka kode kunci dengan cepat tanpa harus mengetikkan password pada layar smartphone.

  1. Nougat 7.0

Mode multitasking membuat para pengguna bisa menjalankan 2 aplikasi dalam 1 layar. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menjalankan aplikasi yang kamu butuhkan. Selain itu, kecepatan untuk moving dari satu layar ke layar lainnya sangat smooth dan responsif bagi pengguna

  1. Oreo 8.0

Android O adalah rilis utama ke 8 dari sistem operasi Android. Ini pertama kali dirilis sebagai preview pengembang pada tanggal 21 Maret 2017, dengan gambar pabrik untuk perangkat Nexus dan Pixel saat ini. Pratinjau pengembang terakhir dirilis pada tanggal 24 Juli 2017, dengan rilis stabil yang diharapkan pada bulan Agustus atau September 2017.

Sumber: rameune