Manfaat dan Kegunaan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan suatu sistem jaringan dengan media transmisi sehingga beberapa computer yang terhubung pada media tersebut bisa saling berhubung satu sama lain dan saling berbagi data.

Saat hendak memasang jaringan computer, pastinya kita memiliki alasan atau pertimbangan dari segi kegunaan ataupun manfaat. Manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya jaringan computer antara lain bisa dikategorikan kedalam sebuah perusahaan dan masyarakat umum.

Kegunaan dan Manfaat Jaringan Komputer bagi Perusahaan

  1. Berbagi sumber daya
Jaringa Komputer. Sumber MultimediaUpdate

Dengan adanya jaringan komputer, sumber daya seperti data pada komputer server atau perangkat keras seperti printer dan scanner bisa di sharing untuk digunakan secara bersama-sama.

Manfaat seperti ini sanagat terasa apabila di sebuah perusahaan tempat kita bekerja memiliki beberapa ruangan,lantai, atau cabang perusahaan dan letaknya berjauhan. Dapat dibayangkan ketika kita masih menggunakan cara konvensional seperti mendatangi satu cabang tersebut hanya untuk mengambil data, pasti akan memakan waktu yang lama. Akan tetapi dengan adanya teknologi jaringan komputer, kita cukup dengan mengakses cabang yang akan kita ambil datanya dengan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama.

  1. Arus informasi menjadi cepat

Jaringan Komputer membuat arus informasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi menjadi cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan tempat. Informasi antara divisi atau cabang mengalir melalui jaringan komputer tersebut tanpa perlu karyawan atau staf berpindah dari tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan sebuah informasi.

  1. Media Komunikasi

Jaringan Komputer menajdi media komunikasi antara karyawan atau staf yang ada dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Media komunikasi dalam jaringan komputer bisa berupa email. Chat, video conference dan VoIP yang memungkinkan kita berbicara layaknya telepon umum atau seluler.

  1. Keamanan data

Dari sisi keamanan data, jaringan komputer bisa menjamin hak akses setiap pengguna dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sebagai contoh misalnya pimpinan bisa mengakses data yang menjadi haknya untuk diakses dan tidak bisa diakses oleh orang lain seperti karyawan, security dan sebagainya.

  1. Integrasi Data

Data yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan bisa saling terintegrasi satu sama lain seperti data penjualan, data pembelian, data stok gudang, data keuangan dan data lainnya. Dengan menggunakan jaringan komputer, data tersebut akan saling terhubung satu sama lain meskipun berasal dari divisi yang berbeda-beda.

  1. Efisiensi dan Penghematan

Dengan adanya jaringan komputer, perusahaan atau organisasi bisa menghemat anggaran seperti transport dan anggaran yang bersifat bisa diganti oleh jaringan komputer. Hasil yang didapat oleh perusahaan menjadi maksimal karena adanya efisiensi waktu dan sumber daya.

Manfaat dan kegunaan jaringan Komputer bagi masyarakat umum

Manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat umum adalah adanya jaringan komputer yang memiliki skala yang lebih besar atau yang biasa kita kenal dengan istilah internet. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dan gaya hidup bagi masyarakat umum dari berbagai kalangan. Bagi pendidikan, internet bisa dimanfaatkan untuk mencari sumber referensi seperti jurnal, makalah, dan referensi dari blog melalui website. Akses internet bisa dilakukan dimana saja dan menggunakan media seperti komputer, notebook dan smartphone. Fasilitas yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat di internet adalah :

Email, Social Media, Mailing List atau forum diskusi, chat rooms, video conference dan lain-lain.

Email, adalah fasilitas di internet yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Setiap orang harus memiliki alamat email untuk dapat mengirim dan menerima email ke orang lain.

Social Media, merupakan komunikasi yang akhir-akhir ini sedang tren di dunia maya. Contoh sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.

Mailing List / Forum Diskusi,  sering digunakan untuk berdiskusi melalui email dan melalui web forum.

Chat Rooms, fasilitas memungkinkan seseorang di internet bisa bercakap-cakap dalam bentuk pesan text dan bisa membentuk sebuah group untuk bercakap-cakap dengan banyak orang sekaligus.

Video Conference, dengan fasilitas ini memungkinkan kita bisa saling bertatap muka dan berinteraksi secara real time dengan rekan yang berjauhan serta bisa melakukan meeting di beberapa tempat.

VoIP, teknologi ini bisa mentransfer suara melalui internet atau dengan kata lain VoIP sebagai solusi untuk menelpon seseorang dengan hanya menggunakan internet dan tidak perlu membayar pulsa seperti telepon seluler dan telepon umum.

Sumber : www.pintarkomputer.com

Shares
Share This